KKN Mahasiswa Poltekes Mataram Berakhir

KKN : Penyerahan kembali 532 Mahasiswa KKN Poltekes Mataram oleh Kepala Dinas Kesehatan Lobar H. Rachman Sahnan Putra kepada Direktur Poltekes Mataram Kementerian Kesehatan RI H. Awan Dramawan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Jumat (3/3).

GIRI MENANG-Pemkab Lombok Barat (Lobar) menyerahkan kembali 532 Mahasiswa Poltekes Mataram yang sudah mengakhiri program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 15 Puskesmas di Lobar. Penyerahan dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Lobar H. Rachman Sahnan Putra kepada Direktur Poltekes Mataram Kementerian Kesehatan RI H. Awan Dramawan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Jumat (3/3).

Penyerahan sebanyak 532 mahasiswa yang terdiri terdiri dari 338 mahasiswa Diploma III dan 194 mahasiswa Diploma IV ini dihadiri Kepala SKPD Lingkup Lobar, Camat dan Pimpinan UPTD BLUD Puskesmas se-Lobar. Para mahasiswa sendiri melaksanakan KKN mulai 23 Februari hingga 3 Maret 2017.

Rachman dalam sambutan mengharapkan KKN yang sudah dilaksanakan mampu memberi pembelajaran kepada para mahasiswa agar materi pembelajaran kurikulum yang telah diterima dikembangkan di dalam masyarakat. Dikatakan, kegiatan turun ke lapangan merupakan persyaratan akademik agar ilmu yang telah didapat bisa diakui oleh masyarakat.

[postingan number=3 tag=”kkn”]

Rachman pun menggaris bawahi tentang isu nasional mengenai Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Disebutkan, Pemkab Lobar sudah meluncurkan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi (GEMADAZI). Melalui gerakan ini, pihaknya berencana menempatkan satu tenaga ahli gizi untuk tiap dua desa. Namun tentunya kata Rachman, tidak cukup hanya Dinas Kesehatan saja yang ambil bagian dalam gerakan ini. Melainkan perlu dukungan dan keterlibatan semua pihak. “Penyelesaian setiap permasalahan kesehatan di Lobar memerlukan keterlibatan semua pihak bukan hanya tugas Dinas Kesehatan saja,” tegasnya.

Sementara itu Dramawan dalam sambutannya mengatakan, praktik KKN dengan turun langsung ke puskesmas merupakan model pertama yang dikembangkan Poltekes Mataram diantara 38 Poltekes yang ada di Indonesia. Dia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Lobar. “Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Lobar atas sambutannya terhadap mahasiswa kami,” tandasnya. (zul)