Kisi-kisi USBN/ UNBK Sudah Bisa Di-Download

UNBK
UNBK

MATARAM—Pelaksanaan pengayaan di sejumlah SMA/SMK di NTB sudah mulai berjalan. Prosesnya pengayaan ini dinilai lancar meski sempat ada kekhawatiran terkait belum keluarnya  soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Sekarang kisi-kisi itu tinggal didownload,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB H Budi Muliyana, belum lama ini. 

Kekhawatiran yang dialami para kepala sekolah karena belum keluar kisi-kisi soal USBN dan UNBK dianggap cukup wajar. Pasalnya, kisi-kisi itu bahan acuan dijadikan contoh oleh para Kepsek. Bahkan pada saat proses pengayaan berlangsung, kisi-kisi itu harus ada sebagai bahan.

Ia tidak menampik jika pemerintah pusat agak lamban dalam mengeluarkan kisi-kisi tersebut. Lantaran itu, pihaknya dibuat mencari informasi lebih intensif terkait kebutuhan dasar sekolah menuju USBN dan UNBK.

BACA JUGA :  SMPN 4 Jerowaru Tidak Siap UNBK

“Kalau sekarang sih semua sekolah sudah bisa download kisi-kisi soal itu,” lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Mataram Jauhari Khalid mengungkapkan, pada dasarnya lambatnya kisi-kisi keluar tidak begitu mengganggu pelaksanaan pengayaan. Hanya saja, pembahasan kisi-kisi soal sudah menjadi kebiasaan sekolah untuk selalu dijadikan bahan acuan.

“Sebenarnya kita tidak begitu khawatir dengan belum adanya kisi-kisi soal itu, tapi penggunaan bahan itu sudah menjadi kebiasaan kita di sekolah,” tutupnya. (cr-rie)