Kini Sampah Plastik Bisa Digunakan untuk Bayar PKB

Bisa Digunakan untuk Bayar PKB
HADIAH : Penjabat Sekda NTB Dr H Iswandi menyerahkan hadiah umrah kepada peraih dorpriza di kegiatan jalan sehat Gebyar Pajak 2019 di Lapangan Supersemar Tanjung, Lombok Utara, Minggu (24/11).( IST/ RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB meluncurkan program pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan sampah. Pembayaran Samsat dengan sampah kini bukan lagi wacana, tapi mulai direalisasikan dengan resmi di launching pada gelaran Gebyar Pajak dirangkaikan jalan santai, Minggu (24/11) di lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara.

Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB resmi meluncurkan inovasi pembayaran PKB menggunakan sampah plastik. Bappenda NTB menjalin kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Bank Sampah NTB dan Bank NTB Syariah terkait dengan pelaksanaan pembayaran PKB menggunakan sampah plastik.

“Adanya inovasi baru ini sekaligus bertujuan untuk mendukung program NTB Zero Waste 2023 serta menggencarkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Mulai dari Rumah Tangga,” kata Penjabat Sekda NTB Dr H Iswandi.

Kegiatan Gebyar Pajak Kendaraan Beromotor 2019 yang dilaksanakan Bappenda NTB dibuka dengan jalan sehat serta senam bersama yang dilaksanakan di lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara. Gebyar Pajak Kendaraan Bermotor 2019, juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT NTB ke 61, sebagai upaya untuk memberikakn edukasi serta mendorong masyarakat untuk taat membayar pajak sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak.

Tim Pembina Samsat NTB secara resmi meluncurkan Samsat Online Nasional (Samolnas) di NTB dalam acara Gebyar Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2019 di Lapangan Supersemar, Tanjung Lombok Utara pada Minggu (24/11/2019) setelah sebelumnya Samolnas secara simbolis diluncurkan di 34 Provinsi oleh Korlantas Mabes Polri  di Gedung NTMC Korlantas Polri di Jakarta pada 4 April 2019 lalu serta soft launching dalam kegiatan Syukuran HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 Ditlantas Polda NTB yang digelar pada Minggu (22/9) di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin, Labulia, Lombok Tengah.

Samolnas adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan PNBP Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile.

“Aplikasi Samolnas memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor tahunan di mana saja dan kapan saja,” kata Iswandi. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid