Kila Senggigi Terima Green Hotel Award 2017

Satu-Satunya Hotel di NTB Terima Penghargaan dari Menpar RI

Kila Senggigi Terima Green Hotel Award 2017
LIMBAH B3: Safety & Eco Manager, Hotel Kila Senggig Beach Lombok, I Gde Agus Suana, menunjukkan pemilahan dan penempatan limbah B3, sehingga tidak bercampur dengan limbah hotel yang lainnya, Rabu kemarin (18/10). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Kila Senggigi Beach Lombok mendapatkan penghargaan Green Hotel Award (GHA) 2017. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya pada acara Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Penghargaan bergengsi dalam bidang perhotelan, khususnya untuk pengelola limbah hotel tersebut, Kila Senggigi Beach Lombok, satu-satunya hotel di Provinsi NTB yang meraih penghargaan tersebut langsung dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

“Penghargaan ini sebagai wujudnyata atas apa yang telah dilakukan Kila Sengggigi Beach Lombok dalam mengelola hotel berwawasan lingkungan hijau,” kata General Manager Kila Senggigi Beach Lombok, Erik Tumbelaka, Rabu kemarin (18/10).

Green Hotel Award tahun 2017 diberikan kepada 10 hotel terbaik dan diikuti oleh semua hotel bintang 4 dan bintang 5 di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada pelaku industri pariwisata dan masyarakat yang telah berkomitmen prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dalam pengelolaan pariwisata di daerahnya.

Penilaian Green Hotel Award sendiri meliputi 14 kriteria, yakni kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan, juga penyerapan kandungan lokal.

Kemudian pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, pengelolaan kualitas udara dalam dan ruang, ruang bangunan, pengelolaan limbah padatan dan air, pengelolaan lahan sekitar bangunan, serta pengendalian polusi kebisingan/suara. Selian itu, juga pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya, kerjasama dengan komunitas dan organisasi lokal serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

“Kami merasa amat istimewa dan senang atas penghargaan ini. Ini sebagai bukti bahwa program yang sudah kami jalankan sudah berwawasan lingkungan serta keperdulian kami telah menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari di hotel kami,” ujar Erik Tumbelaka, yang juga didampingi Ecexutive Public Relation, Stevi Yasinta Sintia Dewi.

Lebih lanjut Erik menerangkan implementasi program ‘green’ di Hotel Kila Senggigi Beach Lombok adalah Sertifikasi K3, memiliki satu departemen eco dan safety di lingkungan internal yang khusus menangani pelestarian lingkungan, sebagai kontribusi kepada konsep yang berkelanjutan. Diantaranya koleksi sampah secara selektif, pengolahan limbah minyak, menggunakan sumber cahaya hemat energi, pengelolaan konsumsi air, dan juga menggunakan bahan-bahan yang segar dan dari pemasok lokal.

Dengan penghargaan ini, Kila Senggigi Beach mengukuhkan dirinya dalam jajaran hotel berkualitas tinggi yang peduli dalam upaya pelestarian alam dan budaya alam sekitar. Diharapkan implementasi program penataan dan pengembangan kelestarian lingkungan yang telah dilaksanakan di Kila Senggigi dapat mengispirasi semua hotel di Pulau Lombok khususnya untuk melaksanakan program green hotel yang akhirnya dapat meningkatkan daya jual destinasi di Provinis NTB pada umumnya.

“Kami berharap hotel hotel lainnya juga menerapkan yang telah Killa Senggigi Beach lakukan dalam memajukan industri pariwisata berwawasan lingkungan berkelanjutan di NTB,” pungkasnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid