Khatam Al-Qur’an, Sholat Tahajjud Digalakkan

Berbagai aktivitas dilakukan kalangan panti sosial di Kota Mataram selama bulan Ramadan. Seperti Panti Sosial Anak Harapan di Jalan Transito Majeluk. Penghuni panti yang notabene anak yatim piatu memperbanyak kegiatan positif.

 


SUDIRMAN-MATARAM


 

Aktivitas di panti ini lebih banyak diisi dengan kegiatan keagamaan seperti tadarrus Al-Qur’an, shalat berjamaah, kultum dan lain-lain.

Saat sore hari, nampak anak-anak panti mendatangi musalla setempat sambil membawa kitab suci dan perlengkapan alat sholat. Mereka  memperbanyak baca Al-Qur’an. Panti Sosial Anak Harapan adalah salah satu panti asuhan tertua di Kota Mataram.

Para alumni juga tampak ikut berpartisipasi. Setiap tahun almuni berkujung ke panti untuk memberikan ilmu kepada anak-anak yang ada.

Salah satu alumni adalah Suryani. Ia menjelaskan, setiap Ramadan di panti ini berlangsung banyak kegiatan positif.” Setiap hari mereka mengaji sambil kita awasi dan diberikan pelajaran,” ungkapnya.

Setiap tahun para alumni berkumpul di panti.  Salah satu program unggulan yang diagendakan adalah khatam Qur’an selama Ramadan dan sholat tahajjud.

 Ia berharap anak-anak tidak hanya menamatkan saja tapi juga diminta dapat memahami isi Al-Qur’an sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Kegiatan yang dilakukan di dalam kamar pun juga bernilai ibadah.” Pada sore hari kita masak untuk mempersiapkan makanan jelang berbuka,” ungkap salah seorang penghuni panti.(*)

BACA JUGA :  Lomba Tadarrus Ajang Ciptakan Generasi Cinta Al-qur'an