Khaerul Janji Penuhi Satu Dokter Satu Ambulans

Khaerul Janji Penuhi Satu Dokter Satu Ambulans
SUDAH DIREALISASIKAN : Enam ambulans desa yang sudah diserahkan pada awal tahun lalu. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Setelah para pejabat eselon II dilantik, diminta secepatnya menuntaskan sejumlah pekerjaan yang belum terealisasi. Salah satu visi misi yang cukup berat ialah menuntaskan satu dokter satu desa. “Arahan yang disampaikan pak bupati kepada kami tadi diminta jangan ragu-ragu mengambil keputusan yang menyangkut keperluan masyarakat,” ucap Kepala Dinas Kesehatan baru Khaerul Anwar seusai mendapatkan arahan dari ruang bupati, kemarin (17/7).

Ia mengungkapkan, dari visi misi kepala daerah, ada dua program di bidang kesehatan yang menyentuh masyarakat secara langsung dan harus segera direalisasikan, yaitu satu ambulans satu desa dan satu dokter satu desa. “Kalau ambulans sekarang sudah ada 16 unit, tinggal dituntaskan,” ungkapnya.

Sementara itu, satu dokter satu desa kata mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi ini, pada saat ini sudah ada 15 dokter yang ditempatkan di 15 desa. Sehingga saat ini masih tersisa 18 dokter lagi yang dibutuhkan untuk melengkapi seluruh desa.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter adalah menginvetarisir tenaga dokter yang ada di Lombok Utara. Pihaknya juga akan mencoba melakukan roadshow sebagai salah satu bentuk pemasaran ide tersebut.

Terkait penawaran intensif sebagai salah satu cara mengundang dokter untuk bekerja di desa-desa, Khaerul mengatakan saat ini intensif yang diberikan kepada dokter desa sudah besar. “Intensif yang sekarang sudah cukup besar untuk dokter yang tinggal di desa sebesar Rp 4 juta per bulan,” pungkasnya. (flo)