Kesempatan Uji Coba Terakhir

Ilustrasi Uji Coba Bulutangkis

JAKARTA – Skuad bulu tangkis Indonesia menuju SEA Games sudah ditentukan. Lawan yang bakal dihadapi di team event juga sudah diketahui. PP PBSI kali ini memberikan kesempatan buat skuad SEA Games untuk menjalani persiapan terakhir di Selandia Baru Grand Prix Gold 1-6 Agustus 2017.

Sedangkan SEA Games di Malaysia berlangsung dua pekan berikutnya, tepatnya 23-30 Agustus 2017. Selain ganda putra, hampir semua wakil Indonesia di SEA Games diberikan kesempatan tersebut. Salah satu satunya tunggal putri yang sebelumnya fokus menjalani persiapan di Cipayung saja.

“Kami sudah putuskan buat tunggal putri untuk merasakan atmosfer kompetisi menuju SEA Games,” sebut Minarti Timur, pelatih tunggal putri pelatnas kepada Jawa Pos kemarin (9/7). Menurutnya, kesempatan tersebut akan menjadi momentum penting buat Hanna Ramadini, Fitriani, dan Dinar Dyah Ayustine melihat kekurangan mereka.

Satu tunggal putri lainnya, Gregoria Mariska Tunjung harus absen lantaran harus fokus di Asia Junior Championship (AJC) 2017. Turneman tersebut juga menjadi ajang perpisahan buat Gregoria di level junior. Tentu, dia menginginkan perpisahan manis di level tersebut.

”Khusus Grego, dia memang ditarik dari Selandia Baru, setelah AJC dia akan kembali ke Cipayung untuk kembali fokus menuju SEA Games,” urai Minarti. Peraih medali perak ganda campuran bersama Tri Kusharjanto itu menerangkan bahwa kebijakan buat tunggal putri sudah cukup merata untuk kesempatan tampil.

Hal yang sama disampaikan Kabidbinpres PP PBSI, Susy Susanti. Susy menyebutkan bahwa turnamen bulu tangkis memang kerap berlangsung dalam waktu yang cukup rapat. ”Sudah wajar, tapi kami mereka bisa lebih siap di SEA Games,” terang legenda tunggal putri Indonesia itu.

Secara teknis, persaingan Indonesia di SEA Games nanti masih akan dihadapkan wakil Malaysia, Thailanda dan Singapura. Situasi yang tidak jauh berbeda dengan edisi 2015 di Singapura lalu.

Namun, kali ini, Malaysia yang bertindak sebagai tuan rumah jelas ingin maksimal. Tuan rumah jelas ingin mendobrak dominasi di ajang SEA Games kali ini. ”Dari Selandia Baru ke Malaysia masih ada waktu buat pemain menjalani persiapan akhir,” kata istri Alan Budikusuma itu. (nap)

BACA JUGA :  Kodrat NTB Programkan Sejuta Petarung