Kesan Dubes Amerika Serikat saat Berada di NTB

Kesan Dubes Amerika Serikat saat Berada di NTB
PUAS : Dubes AS, Joseph R. Donovan Jr berbincang-bincang dengan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi usai berkeliling melihat-lihat Islamic Center. Donovan mengaku sangat puas berada di NTB. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Republik Indonesia (RI), Joseph R. Donovan Jr berkunjung ke Provinsi NTB sejak hari Jumat lalu (12/5). Donovan datang bukan hanya untuk menghadiri resepsi perayaan hari kemerdekaan AS di Lombok, tetapi juga mengunjungi beberapa lokasi destinasi wisata seperti pantai dan Islamic Center.


AZWAR ZAMHURI – MATARAM


Sekitar pukul 14.45 Wita, Selasa kemarin (16/5), banyak pejabat teras Pemerintah Provinsi  (Pemprov) NTB telah berada di Islamic Center (IC). Termasuk orang nomor satu di NTB, Gubernur TGH M Zainul Majdi yang datang bersama sang istri. Mereka semua sedang bersiap-siap menyambut  Duta Besar Amerika Serikat  untuk Republik Indonesia , Joseph R. Donovan Jr.

Situasi di komplek bangunan IC itu juga tidak berbeda jauh dengan hari-hari sebelumnya. Tak ada pengamanan, tanpa pengawalan aparat bersenjata lengkap. Semuanya terkesan sederhana. Bahkan, ketika Dubes AS Joseph R. Donovan Jr tiba di IC, hanya terlihat satu mobil patroli saja sebagai pengawal. Donovan hanya didampingi   istrinya  Nyonya Mei Chou dan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava serta beberapa beberapa pejabat Kedutaan Besar (Kedubes). Sang istri Dubes  telah mengenakan pakaian sopan layaknya muslimah.

Sebagai tamu terhormat, Donovan disambut dengan tarian-tarian Islami yang telah dipersiapkan saat turun dari mobil. Saat itu, gubernur TGH M Zainul Majdi langsung menemani Donovan berkeliling IC.

Bergaya seperti pemandu wisata, gubernur menjelaskan secara rinci setiap sudut di IC. Gubernur  terlihat juga begitu fasih memaparkan profil IC.

Gubernur mengajak Donovon berkeliling IC. Mulai dari mencoba memukul beduk disana, melihat-lihat berbagai gambar Islami bersejarah hingga naik ke lantai 13 IC untuk melihat Kota Mataram dari ketinggian.

Tidak ketinggalan, Donovan bersama gubernur mencoba meminum air kelapa muda yang telah disiapkan untuk menghilangkan rasa haus usai berkeliling. Kedua pejabat itu, terlihat sangat akrab meski baru bersua.

Sang istri gubernur, Hj Erica Majdi juga begitu menyatu dengan istri-istri Donovan. Sepanjang waktu, nampak obrolan asyik yang diselingi senyum-senyum kecil.

Dubes AS, Donovan mengaku sangat terkesan dengan keberadaan  IC. Ditambah lagi dengan sambutan hangat masyarakat NTB membuatnya begitu nyaman. “Warga NTB sangat ramah, baik hati,” ujarnya usai melihat-lihat IC.

Donovan telah mengunjungi berbagai tempat sejak berada di NTB. Pernah ke pantai-pantai indah di wilayah Lombok bagian selatan, Senggigi dan juga Gili Trawangan. “Tapi kunjungan saya ke Islamic Center ini paling mengesankan. Saya sudah dengar banyak tentang Islamic Center melalui gubernur barusan,” ucapnya.

Bagi Donovan, tidak salah IC menjadi simbol NTB. Bangunannya yang begitu megah, keindahan arsitektur dan nilai filosofis yang ada akan mampu menjadi simbol toleransi dan kedamaian.

Ketika berada di lantai 13 IC, Donovan begitu terkesan bisa melihat Kota Mataram dari sudut ke sudut. IC akan bisa menjadi pusat kebudayaan Islam. “Saya ingin belajar lebih banyak peran Islam di Lombok dan di Indonesia, Islamic Center sangat indah,” katanya.

Meski begitu memuji IC, Donovan juga puas ketika mengunjungi objek-objek wisata di NTB. Ia dan keluarga yang menginap di Selong Belanak, bukan hanya disajikan keindahan alam, namun juga keamanannya terjamin. Tidak ada gangguan apapun yang didapatinya. “Jadi pantainya indah, airnya juga bersih. Masyarakatnya ramah-ramah,” ungkapnya puas.

Gubernur TGH M Zainul Majdi bersyukur atas kedatangan Dubes AS itu. Apalagi tidak ada keluhan yang disampaikannya. NTB semakin mendapat kepercayaan, bukan hanya tingkat nasional tetapi juga dunia.

Kepuasan yang didapatkan oleh Donovan, bagi gubernur sangatlah penting. Itu menunjukkan imej NTB yang selama ini banyak dinilai kurang aman menjadi terbantahkan. “Katanya Lombok tidak aman, dan ternyata aman. Beliau ingin buktikan sendiri,  menginap di Selong Belanak dengan istri dan ternyata aman-aman saja,” ucap gubernur.

Situasi dan kondisi seperti saat ini, membuktikan masyarakat NTB mampu merajut keberagaman. Apabila orang luar saja mengakui toleransi begitu idnah di NTB, apalagi masyarakat NTB sendiri. “Oleh karena itu, keamanan dan kondusifitas ini mari kita jaga bersama,” imbaunya.

Joseph R. Donovan Jr, dilantik sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia pada tanggal 4 November 2016. Dubes Donovan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada bulan Januari 2017 lalu.(*)