Kerajinan Seni Topeng Labuapi Tetap Eksis

Kerajinan Seni Topeng
Salah seorang perajin seni topeng di Desa Labuapi saat mengerjakan pesanan topeng. (Devi handayani/radar lombok)

MATARAM – Kerajinan yang terbuat dari bahan dasar kayu dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk, seperti yaitu kerajinan seni topeng (art shop). Pembuat kerajinan tersebut berada di Dusun Labuapi Utara, Desa Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Di kampung ini, hampir sebagian besar penduduknya, keseharianya beraktifitas mengukir kayu menjadi sebuah karya kerajinan seni topeng. Bahkan, Labuapi sendiri, sudah lama dikenal sebagai sentra pembuatan topeng terbaik.

Salah seorang perajin topeng di Dusun Labuapi, Rubai mengatakan kerajinan topeng di dusunnya telah berkembang sejak tahun 1990. Meski pada awalnya Rubai berkerja pada orang untuk membuat topeng tersebut, namun kini Rubai dapat membuatnya sendiri. walaupun dirinya termasuk paling akhir terjun dalam membuat kerajinan topeng.

BACA JUGA: Kegigihan Awidi Memasarkan Kerajinan Ketak Hingga Tembus Pasar Luar Negeri

“Baru pertama kali saya mulai buat seni topeng, warga sudah lebih dulu mahir buatnya dibanding sama saya,”  tutur Rubai, Selasa kemarin (24/7).

Dikatakannya, jika model topeng khas Lombok yang dibuatnya berbeda dengan topeng-topeng yang ada di berbagai daerah lainnya. Karena seni topeng Lombok memiliki ukiran seperti mata tertutup, mulut terbuka dan ukurannya memanjang. Kalau kerajinan seni topeng dari daerah lain, matanya terbuka.

Rubai tak hanya membuat seni topeng dengan model khas Lombok saja, tapi juga menerima pesanan yang sesuai permintaan dari pelanggan. Seperti topeng cupak gerantang. Ada yang macem-macem modelnya dibuat, tapi itu dibuat kalau ada pesanan saja dari konsumen.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut