Kerajinan Kayu Ukir Rambah Pasar Eropa dan Timur Tengah

Kerajinan Kayu Ukir
Salah seorang pekerja di kerajinan kayu ukir Giant Wood milik Heriawan saat membuat salah satu kerajinan berbahan dasar kayu besar yang kini pasarannya sudah tembus pasar Eropa dan Timur Tengah. (DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kerajinan yang berbahan dasar kayu jati dan kayu trembesi dengan ukiran kayu, dapat di bentuk beberapa kebutuhan perlengkapan rumah tangga, meskipun terbuat dari kayu namun masih banyak di minati oleh masyakarat, karena dirasa kuat dan kokoh serta mempercantik rumah.

BACA JUGA: Kerajinan Miniatur Triplek Mulai Banyak Diminati

Salah satu pengrajin kayu jati, Heriawan pemilik Giant Woods yang berlokasi di jalan Saleh Sungkar Ampenan ini setiap harinya selalu menerima orderan dari konsumen, Bahkan hasil kerajinan kayu ukir ini mampu menembus hingga ke pasar internasional di sejumlah negara Eropa hingga Timur Tengah.

“Bisa kirim keluar negeri sampai dua truk container. Terakhir kami sudah kirim ke Abudhabi, Jerman dan malaysia. Macam-macam yang dikirim, tergantung Pesanan,”  ujar Heriawan, Jum’at kemarin (6/7).

Untuk harga, Heriawan menyebut tergantung dari kualitas dan ukuran kayu yang di gunakan. Keuntungan yang di dapatnya pun sekitar 30 persen dari modal. Untuk bahannya saja mendatangkan dari Jawa, karena di Lombok sulit untuk menemukan bahan dasar kayu dengan ukuran yang besar, seperti yang digunakan.