Kepsek dan Guru Pendidikan Dasar Sibuk Bimtek

Kepsek dan Guru Pendidikan Dasar Sibuk Bimtek
PELATIHAN: Kepsek dan guru jenjang pendidikan sekolah dasar di Kota Mataram tengah mengikuti Bimtek dan pelatihan terkait K13. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Belakangan ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram menyibukkan Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru-guru pendidikan dasar (SD/SMP) terus melakukan bimbingan teknis (Bimtek) dan pelathian. Kesibukan ditujukan guna terwujudnya percepatan penerapan Kurikulum 2013.

Kabid Pembinaan Dikdas Dinas Dikbud Kota Mataram, HL. Mohammad Sidik mengatakan, pihaknya sedang fokus dengan Kepsek dan guru yang ada di jenjang SD dan SMP. Hal ini dilakukan agar percepatan penerapan K13 yang dianjurkan pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI segera terwujud secara merata.

Langkah yang dilakukan untuk percepatan penerapan K13 ini melali Bimtek dan pelatihan yang berkaitan tentang K13. “Saat ini kita masih fokus dengan menyibukkan Kepsek dan Guru kita melakukan Bimtek dan pelatihan kaitannya dengan penerapan K13,” katanya, Rabu (23/8).

Bimtek dan pelatihan yang dilakukan oleh Kepsek dan guru, jelansya, berlangsung dibeberapa tempat. Diantaranya seperti di LPMP NTB, Dikbud Kota Mataram dan sekolahnya masing-masing.

Apa yang dilakukan dianggapnya sudah menjadi tuntutan yang harus segera terjawab. Mengingat pemerataan penerapan K13 dipastikan sudah rampung pada 2019 mendatang. Praktis, dari sekarang pihaknya terus menggenjot Kepsek dan guru-guru bersangkutan.

Tidak hanya itu, kendati banyak juga kesibukan Kepsek dan guru di sekolah, pihaknya berharap bisa mengatasinya dengan profesional. Mengingat apa yang dibebankan terhadap Kepsek dan guru ini juga merupakan salah satu langkah kerja keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Mataram.

“Kita sudah menjadi contoh dari seleuruh kabupaten yang ada di NTB. Maka apapun demi kebaikan itu harus kita lakukan agar yang dicontohlan sekolah lain tetap baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SDN 7 Mataram, Hj. Baiq Zohri Uyuni menyampaikan, kegiatan yang sedang dilakukan tersebut kemungkinan akan berlangsung sampai pekan depan. Adapun materi kegiatan yang diikutinya masih berlangsung tentang K13 dan pendidikan karakter.

Pihaknya selaku Kepsek mengaku akan tetap menikmati program dan proses yang dijalaninya selama beberapa pekan kedepan. Dengan harapan, penerapan K13 di sekolah yang dipimpinnya bisa diterapkan di semua kelas. (cr-rie)