Kepsek dan Guru Harus Tingkatkan Kompetensi

Kepsek dan Guru Harus Tingkatkan Kompetensi
RAKOR- Kepala Dinas Disdik Kota Mataram HL Fatwir Uzali saat memaparkan persoalan tahun 2019 yang dihadapi oleh guru dan kepsek SD se-Kota Mataram.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram melaksanakan rapat koordinasi dengan 147 kepala sekolah (kepsek) SD- se-Kota Mataram, yang berlangsung di SDN 19 Cakranegara, Kamis (16/1).

Rakor dihadiri langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Disdik Kota Mataram, HL Fatwir Uzali, Kepala Bidang Guru dan Ketenagaan (GTK) Disdik Kota Mataram, Yasin, Kepala Bidang Dikdas) Disdik Kota Mataram M Taufik bersama pengawas dan semua kepsek jenjang SD se-Kota Mataram.

“Rakor ini membahas evaluasi program 2019 dan banyak hal-hal yang harus dibenahi oleh guru dan kepsek SD se-Kota Mataram,’ kata Kepala Disdik Kota Mataram HL Fatwir Uzali kepada Radar Lombok, Kamis (16/1).

Menurut Fatwir, terkait dengan hal-hal yang diperbaiki, diantaranya kompetensi guru dan kepsek yang menurun tahun 2019. Oleh sebab itu, di tahun 2020 ini guru dan kepsek harus meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka dengan menghadirkan terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tempat mereka bertugas.

“Kepsek dan guru harus meningkatkan kompetensi mereka, karena Mataram ini butuh yang betul-betul pejuang,” tegasnya.

Fatwir menyebut ada 5 kompetensi kepsek yang harus dimiliki serta diterapkan agar satuan yang dipimpin tersebut maju dan berkualitas. Lima kompetensi itu diantaranya, kompetensi pedagogik, manajerial, kewirausahaan, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Lima kompetensi ini harus dipegang terutama kompetensi keperibadian, karena kepsek itu di masyarakat menjadi tauladan. Jangan sampai kepsek dilaporkan bersipat pribadi.

Selain itu, kepsek juga mempunyai kompetensi sosial, dimana bermitra dengan semua pihak terutama media untuk bersinergi memajukan pendidikan di Kota Mataram.

Makanya tahun 2020 ini bersama untuk meningkatkan mutu dan kualitas sekolah. sebab kota menjadi barometer pendidikan di NTB.

Kepala SDN 8 Cakranegara Hj Dzumrah mengaku rakor ini sangat bermanfaat dan mengingatkan sekolah tidak memungut biaya apapun kepada orang tua murid.

“Acara ini sekaligus silaturrahmi tahun 2020 untuk membangun dunia pendidikan agar jauh lebih bagus dari tahun sebelumnya,” imbuhnya. (adi)