Kepengurusan Karang Taruna Kilang Ditolak Warga

MUSYAWARAH: Kegiatan pembentukan ulang kepengurusan Karang Taruna Desa Kilang kemarin. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Keberadaan pengurus Karang Taruna Desa Kilang Kecamatan Montong Gading menuai penolakan warga. Merekaa meminta pemerintah desa setempat membentuk ulang kepengurusan.

Pembentukan ulang akhirnya dilaksanakan Minggu (9/1) bertempat di aula kantor desa setempat. Kegiatan dihadiri oleh Camat, tokoh masyarakat dan para pemuda.  Proses pembentukan pengurus Karang Taruna yang baru berjalan lancar karena sebelumnya diperkirakan akan ada gejolak atau perlawanan dari pengurus karang taruna yang telah ada sebelumnya.” Pengurus Karang Taruna yang lama memang tidak maksimal. Programnya juga tidak jelas. Bahkan pemuda di sini juga tidak tau siapa ketua Karang Taruna ini,” kata ketua panitia, Lalu Heri Susandra.

BACA JUGA :  Tiga Desa Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

Selain itu pengangkatan pengurus sebelumnya juga tidak disertai dengan SK. Sejak dibentuk berbagai kegiatan atau program yang dibuat sama sekali tidak pernah melibatkan para pemuda yang ada di desa tersebut. Inilah yang membuat warga setempat menolak keberadaan pengurus lama.” Ketimbang kita akan ribut makanya hari ini kita menggelar musyawarah akbar pengangkatan pengurus yang baru,” ungkapnya.

Apapun program atau kegiatan Karang Taruna, terangnya, harus diketahui dan melibatkan para pemuda.  Begitu pun dengan anggaran yang diberikan oleh desa juga harus transparan dan jelas peruntukkannya.” Inti permasalahan karena berbagai kegiatan tidak pernah dilibatkan. Dengan adanya pengurus yang baru program akan semakin baik,” harapnya.

BACA JUGA :  Sekdes dan Kaur Keuangan Bagik Payung Selatan Dipecat

Sementara itu Kades Kilang, Lalu Suparlan, mengakui jika secara administrasi  pengurus Karang Taruna memang belum terbentuk. Atas itulah dia menyetujui pembentukan  pengurusan Karang Taruna yang baru.”Saya berharap pengurus Karang Taruna yang baru bisa memajukan berbagai program yang ada di desa terutama berkaitan dengan kegiatan kepemudaan. Dengan adanya pengurus Karang Taruna yang baru ini kita harapkan program desa akan semakin maju,” singkatnya.(lie)