Kenang Pahlawan, SMPN 3 Gangga Baca Parade Puisi

BACA PUISI: Kepala SMPN 3 Gangga Agus Sono, membaca puisi Pahlawan (HERY/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Memperingati Hari Pahlawan, SMPN 3 Gangga Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU)  melaksanakan apel dan membaca parade puisi 10 November. Tema parade puis ini yakni mengenang dan meneladani para pahlawan bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa dan guru secara bergiliran menaiki panggung yang telah disediakan.

“Kami memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar apel dan parade puisi secara bergiliran antara siswa dengan guru. Mereka menunjukan ekspreasi bagaimana mengenang para pahlawan yang diambil para pengarang nasional,” terang Kepala SMPN 3 Gangga, Agus Sono,  kepada Radar Lombok, Kamis (10/11).

Menurutnya, mengenang harus bisa contoh bagaimana perjuangan pahlawan memperjuangkan tanah air  dari tangan penjajah. Dalam konteks kekinian, ia mengajak seluruh siswa dan guru untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri, orang tua, daerah, lingkungan, dan lainnya. “Siswa harus bisa tekun belajar mengambil perjuangan mereka, sedangkan guru harus maksimal memberikan pengajaran terhadap siswa,” katanya.

Peringatan Hari Pahlawan, jelasnya, didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Momentum itu sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Kala itu, tidak sedikit korban jiwa yang tumpah demi Indonesia. Karena besarnya perjuangan p[ara pahlawan, melalui momentum peringatan ini setidaknya siswa dan semua elemen bangsa dapat menginternalisasinya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid