Kenali Tanda Kelelahan Kronis

KENALI SEJAK DINI: Mengenali gejala sindrom kelelahan kronis sejak dini bisa membantu terhindar mengidap penyakit ini lebih parah.

APA Anda sering merasa atau mudah lelah saat beraktivitas? Waspadai, sindrom kelelahan kronis.

Sindrom kelelahan kronis mengakibatkan tubuh terasa sangat lelah sepanjang hari.Akibatnya tubuh kehilangan semangat dan konsentrasi sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika Anda merasa lelah atau mudah lelah saat beraktivitas, hal itu perlu Anda waspadai karena bisa jadi Anda terkena sindrom kelelahan kronis.

Sindrom kelelahan kronis biasanya menyerang tubuh dan menyebabkan kelelahan secara terus menerus dan tidak bisa hilang meskipun telah beristirahat.

Orang yang menderita sindrom kelelahan kronis akan merasa benar-benar sangat lelah sepanjang hari, sehingga mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan.

Kelelahan yang terjadi menyebabkan tubuh menjadi letih, lesu, lemas dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas apa pun. Bahkan, aktivitas yang dilakukan tanpa berpikir sekalipun, seperti makan dan mandi.

Anehnya, tidur atau beristirahat juga tidak bisa menghilangkan kelelahan yang ada. Berikut beberapa tanda kelelahan kronis yang harus Anda ketahui, seperti dilansir laman Prevention, belum lama ini.

1. Anda merasa luar biasa kelelahan.

Normal merasa kelelahan, terutama setelah seharian sibuk bekerja diikuti oleh malam ingar-bingar di rumah. Tapi kelelahan kronis melampaui semua itu, di mana Anda merasa tidak lagi memiliki kekuatan untuk melakukan hal apa pun.

2. Anda tidak bisa tertidur atau tetap tertidur.

Sekitar 80 persen dari orang dengan sindrom kelelahan kronis melaporkan masalah sulit tidur. Meskipun Anda begitu lelah, Anda memiliki kesulitan tertidur.

3. Anda tidak bisa berkonsentrasi.

Orang menganggap sindrom kelelahan kronis hanya tentang perasaan lelah, tetapi ada gejala lain seperti menjadi sangat pelupa, mengalami kesulitan fokus dan merasa terganggu dengan sangat mudah.

4. Anda stres.

Stres fisik atau emosional membuat Anda merasa seolah-olah babak belur melalui tiga perang dunia.

5. Anda tidak stabil.

Orang dengan kelelahan kronis mengalami kesulitan keseimbangan seperti berdiri.

6. Seluruh tubuh Anda sakit.

Banyak orang dengan laporan sindrom kelelahan kronis sering mengalami nyeri, termasuk sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan bahkan sakit tenggorokan.(fny/jpnn)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut