Kenali Ban Sepeda Motor Hondamu

MATARAM – Ban menjadi salah satu komponen terpenting untuk sepeda motor. Apalagi saat musim tidak menentu seperti sekarang, terkadang hujan dan panas terik matahari. Untuk itu, pemilihan ban yang tepat perlu dilakukan oleh para bikers saat menghadapi kondisi cuaca tak menentu. Kita semua tahu sudah banyak terjadi hal fatal seperti kecelakaan di jalan raya akibat ban yang licin atau selip.

“Sebagai elemen yang langsung bersentuhan ke aspal, pemilihan ban tepat wajib diperhatikan.  Jika salah memilih ban, tentu saja akan langsung terasa efeknya, seperti licin atau selip,” kata Sultan Hartawan selaku Instruktur Technical Service Astra Motor NTB.

Ada baiknya pilih ban sesuai dengan ukuran pabrik. Apabila ingin modif, disarankan hanya naik atau turun satu tingkat saja. Lalu pilih ban dengan pattern yang cukup karena berfungsi penting sebagai alur pembuangan air. Dan pastikan pula tekanan angin sesuai dengan standar yang direkomendasikan.

BACA JUGA :  Pastikan Motor Hondamu Aman dan Nyaman untuk Mudik

Astra Motor NTB juga akan membagikan tips berkendara dengan aman saat kondisi melaju cepat agar ban tetap stabil dan aman. Yang pertama seimbangkan posisi atau berat kendaraan Anda. Hal ini berguna agar bagian kendaraan anda merata bebannya dari bagian belakang. Hal ini akan mengurangi anda dari potensi ban bocor meskipun anda berkendara dalam keadaan kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu sobat, perhatikan kembali posisi kendaraan anda pada saat akan melakukan manuver tingggi.

Kedua, jangan melakukan pengereman mendadak. Pada saat Anda melakukan pengendaraan dengan kecepatan yang tinggi, sebaiknya anda jangan melakukan pengereman mendadak, karena pada umumnya, apabila anda melakukan pengereman mendadak, maka beban ban yang diterima atau di dapatkan dari pengereman mendadak tersebut tentunya akan lebih berat karena tidak dilakukan dari jarak yang aman dalam pengereman tersebut, sehingga akan berpotensi membuat ban motor anda akan pecah.

BACA JUGA :  Konsumen Experience bersama Honda PCX 160

Ketiga, jangan membawa beban yang berat. Pada saat Anda akan berkendara dalam kecepatan yang tinggi, maka tentunya beban ban motor anda akan lebih berat. Dampak buruk terhadap motor jika beban berlebihan dalam kondisi kecepatan tinggi pasti akan mempengaruhi kestabilan laju motor tersebut.

“Semoga tips ini bermanfaat dan dapat dijadikan acuan agar Anda tetap berkendara dengan safety dan tanpa ada kendala diperjalanan,” tutup Sultan. (luk)