JAKARTA (ANTARA)–Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) menggaet salah satu platform media sosial untuk menggaungkan edukasi kepada masyarakat lewat komunikasi publik yang unik yakni komedi agar masyarakat mendukung berjalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai 2024.
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemkomdigi Prabunindya Revta Revolusi menyebutkan pendekatan komunikasi publik yang lebih santai itu digunakan agar masyarakat lebih mudah menerima pesan dan ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi di 27 November 2024 itu.
“Acara ini kreatif, jadi komunikasi publik melalui komedi kepada publik, harapannya agar pesannya bisa sampai, masyarakat bisa berpartisipasi dalam Pilkada,” kata Prabu di Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin.
Menurut Prabu narasumber yang merupakan komedian dan dihadirkan dalam edukasi publik ini memiliki profesi yang luar biasa karena harus menyampaikan pesan yang penting namun harus mampu mengundang gelak tawa dan menghibur.
Ia berharap dengan komunikasi publik unik ini, maka masyarakat bisa menyambut dan mengikuti Pilkada 2024 dengan penuh sukacita dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak untuk mendapatkan pemimpin terbaik bagi masing-masing daerah.
“Mudah-mudahan nanti di tanggal 27 November ketika Pilkada 2024 berlangsung, kita bisa menjalaninya dengan sukacita dan yang paling penting adalah memastikan diri untuk berpartisipasi,” katanya.
Adapun dalam acara ini, platform media sosial yang digaet dan menginisiasi acara tersebut ialah SnackVideo yang mengangkat tema “Pilkada Damai 2024 di Desa Snack”.
Memanfaatkan komunitas desa di platformnya kegiatan edukasi berbalut komedi yang dibawakan oleh beberapa stand up comedian itu disaksikan dan menjangkau sekitar 40 juta pengguna SnackVideo.
Desa SnackVideo merupakan wadah bagi para kreator konten dan pengguna SnackVideo menampung konten-konten menarik tentang kehidupan perdesaan di Indonesia.
Tidak hanya melalui edukasi komedi menggaungkan pesan mengenai Pilkada 2024, SnackVideo memberi edukasi melalui platformnya lewat “Balai Desa”.
“Ini adalah kewajiban kami menjadi salah satu platform yang mau menyukseskan pemilu nasional dan daerah, kami merasa perlu mengedukasi WNI melalui panggung SnackVideo dengan menyampaikan tentang pentingnya menyukseskan Pemilu dan menciptakan Pemilu Damai,” kata Direktur Operasional SnackVideo Yugo Prabowo.
“Balai Desa” untuk mendukung edukasi Pilkada 2024 memuat informasi Pilkada yang telah dikurasi dari sekitar 1000 konten kreator serta beberapa akun-akun resmi dari media massa. Saat ini konten mengenai Pilkada 2024 sudah mencapai satu juta penonton di “Balai Desa” dari Desa SnackVideo. (Livia Kristianti/Siti Zulaikha)