Kemensos Bakal Gelontorkan Rp 30 Juta Per Kube

LOTIM—Kabar gembira bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di perdesaan di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah. Kementerian Sosial (Kemensos) RI bakal menggelontorkan bantuan anggaran Rp 30 juta per kelompok usaha bersama (Kube). Bantuan itu akan dikucurkan dalam tahun anggaran 2016.

Supervisor Kemensos RI, Direktorat Jenderal Penanganan Kemiskinan Perdesaan, Wijayanti, mengungkapkan pemberian bantuan bagi pelaku UKM itu sebagai upaya pemberantasan kemiskinan di perdesaan. Karena itu, pihaknya langsung terjun melakukan pendataan, untuk mengetahui jumlah Kube perdesaan yang ada di Kabupaten Lotim dan Loteng.

Jumlah kube yang terdata tentunya berkaitan dengan anggaran yang harus disiapkan oleh Kemensos RI. “Direncanakan Kemensos akan kembali mengucurkan anggaran untuk  Kube yang ada di Lotim dan Loteng. Karena itu kita datang untuk mendata,” ujarnya di sela survei usaha ternak ayam masyarakat di Desa Teko, Kecamatan Pringgabaya, Sabtu kemarin (13/8).

Meski diakui, penerima bantuan Kube perdesaan tersebut sangat tergantung dari usulan pemerintah setempat, maupun usulan aspirasi dari anggota DPR RI Dapil NTB atas rekomendasi dari dinas sosial setempat. Kemensos akan kembali memverfikasi untuk mengecek satu-persatu Kube yang telah terdata. Apakah benar anggotanya ada 10 orang dan minimal 7 atau 8 anggota adalah dari keluarga tidak mampu.

Nantinya kata Wijayanti, dari hasil verifikasi akan disimpulkan Kube mana yang berhak mendapatkan bantuan perdesaan tersebut. “Harapan minimal kami, kelompok itu dipelihara maksimal dan bisa ditingkatkan setelah dibantu anggaran,” harapnya.

Sementara itu, Supervisor Dinas Sosial Lotim, Herman, mengungkapkan pihaknya sudah melakukan verifikasi sebanyak 40 Kube perdesaan yang tersebar di hampir semua kecamatan di Lotim. Kendati begitu, Kube perdesaan bakal menerima bantuan tersebut bisa terus bertambah. “Karena masih ada dalam proses pengecekan ditingkat lapangan" ungkapnya.

Anggaran bantuan permodalan Kube tersebut sepenuhnya berasal dari APBN maupun APBN-Perubahan melalui Kemensos RI Direktorat Jenderal pengananan kemiskinan perdesaan.

Meski dia belum mengetahui berapa Kube yang bakal dibantu. Namun melihat dari sebelumnya, ada sebanyak 50 kube yang diberikan bantuan. Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 30 juta. “Tahun lalu bantuan dikucurkan untuk 50 kube. Tahun 2016 ini kami belum tahu, karena itu sebanyak-banyaknya berapa Kube yang mampu didata,” lugasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid