Kemenhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

MATARAM- Sebanyak 36 pelajar SMA dan 35  mahasiswa perwakilan universitas se- NTB mengikuti lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air  (PCTA) 2016 yang digelar oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia  bertempat di Gedung Serbaguna LPMP NTB (10/8 ) kemarin. Kegiata diskusi ini untuk meningkatkan  semangat cinta tanah air. Temanya “Dengan Cinta Tanah Air  Akan Tercipta Generasi Muda Indonesia Yang Mampu Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Dikpora NTB H. Aidi Furqon.

Hari pertama diperuntukkan bagi peserta pelajar. Sedangkan hari kedua untuk peserta dari universitas. Koordinator Kementerian Pertahanan NTB Kolonel Adm I Wayan Sunhantika mengatakan, diskusi ini merupakan salah satu bentuk upaya pembangunan karakter bangsa untuk pertahanan non militer, khususnya dalam menghadapi persaingan global.” Diskusi ini untuk meningkatkan karakter genarasi muda NTB,” jelasnya.

Sunhantika melanjutkan, tujuan kegiatan ini agar para pelajar dan mahasiswa mampu menuangkan ide atau gagasan konstruktif mereka secara tertulis atau lisan melalui media diskusi. Diharapakan setiap pelajar dan mahasiswa mampu mengekspresikan pemikirannya secara lisan tentang pembentukan karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan serta memiliki kesadaran bela negara.

Diskusi disuguhkan dalam bentuk lomba dan diikuti oleh pelajar SMA kelas X dan Kelas XI. Sedangkan untuk mahasiswa diikuti oleh mahasiswa semester I sampai dengan semester VI. Materi yang dilombakan mulai dari pengetahuan umum, pengetahuan sosial, pendidikan kewarganegaraan, bela negara serta budaya maritim Indonesia. “Di tingkat SMA Juara 1 diraih oleh SMA 1 Mataram,” jelasnya.

Pemenang lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air ini nantinya akan diikutkan mewakili NTB di tingkat nasional tanggal 5 sampai 9 September mendatang di Jakarta. Keluar sebagai juara pertama untuk kategori pelajar adalah SMA Negeri 1 Mataram, sementara kategori mahasiswa diumumkan hari ini.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid