Kemendikbud Pastikan Menambah Standar HOTS di UNBK 2019

Standar HOTS di UNBK 2018 Baru Tahap Pengenalan

HOTS di UNBK 2019
KESULITAN: Potret puluhan siswa peserta UNBK di Kota Mataram beberapa wkatu lalu, terlihat pusing karena kesulitan menjawab Soal UNBK di hari kedua. (Nasrie/Radar Lombok)

JAKARTA – Pelaksanaan UNBK 2018 yang disisipi soal berkategori higher order thinking skills (HOTS) sempat mendapat sorotan banyak kalangan. Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia memang memerlukan penguatan standar HOTS dalam pembelajaran.

Hal itu agar Indonesia bisa mengikuti perkembangan pendidikan dunia yang rata-rata memiliki standar HOTS. Namun untuk merealisasikannya, Kemendikbud harus berkoordiansi dengan stakeholder terkait.

“Memang harus membutuhkan penguatan karena implementasi dari HOTS itu melibatkan banyak elemen,” kata, Mendikbud, Prof. Muhadjir Effendy.

Dia menuturkan, standar penguatan HOTS dalam pendidikan butuh banyak melibatkan elemen untuk membenahi konten, metodologi, pembelarajan, guru, kesiapan murid, hingga sarana dan prasarana. Untuk itu, sebagai tahap awal Kemendikbud mulai mengenalkan soal berstandar HOTS dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.