Kemenag Pastikan Tidak Ada Perubahan

PRAYA-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah, HM Nasri Anggara memastikan, tidak ada perubahan terkait pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) di daerah itu.

Dimana jadwal sebelumnya, tanggal 23 Agustus pemberangkatan perdana untuk kloter pertama di Lombok Tengah. Jumlah JCH yang diberangkatkan sebanyak 365 orang. “Sejak pertama saya terima jadwal pemberangkatan sampai saat ini belum ada perubahan,” kata Nasri, kemarin (8/8).

Dikatakan, tanggal 23 Agustus merupakan kloter pertama untuk tingkat kabupaten. Sedangkan tingkat provinsi merupakan kloter kedua. “Kita urutan kedua jika berbicara di tingkat provinsi,” sambungnya.

Untuk pemberangkatan kedua, lanjut Nasri, bakal dilakukan tanggal 28 Agustus dan kloter ketiga akan diberangkatkan tanggal 4 September. “Kloter 3 atau kloter terakhir itu masuk dalam kloter campuran,” terangnya.

Lebih jauh Nasri menjelaskan, untuk kloter pertama yang akan berangkat 23 Agustus mendatang terdiri dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Abror Bagu Desa Bagu Kecamatan Pringgarata, pimpinan TGH Lalu Turmuzi Badaruddin, sebanyak 26 orang. KBIH Al-Akobah Darek Kecamatan Praya Barat Daya, pimpinan TGH Ma’rif Makmun, sebanyak 116 orang, dan KBIH Almadani Kecamatan Praya, pimpinan TGH Fahrurrozi, sebanyak 109 orang.

Selanjutnya kloter dua yang akan diberangkatkan 28 Agustus, terdiri dari KBIH Darussalam Penansak Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur, sebanyak 66 orang, pimpinan TGH Abdul Aziz. Selanjutnya KBIH Yatofa, pimpinan TGH Fadli FT, sebanyak 79 orang. KBIH Al-Mashudi Desa Kawo Kecamatan Pujut, sebanyak 55 orang, pimpinan H Dimyati. KBIH Al-Husna, pimpinan H Nurul Wajdi, sebanyak 32 orang. KBIH Darul Masakin Pancor Dao Kecamatan Batukliang,  pimpinan H Mawardi, sebanyak 39 orang. KBIH Al-Hikmah, pimpinan (Almarhum TGH Abdullah) Kecamatan Pringgarata, sebanyak 28 orang dan KBIH  Al-Husna Meratak Paok Kecamatan Batukliang, sebanyak 32 orang.

Sedangkan yang masuk dalam kloter campuran, hanya satu KBIH yakni KBIH Yanmu NW Kecamatan Praya, pimpinan TGH Munirul Arifin, sebanyak 47 orang. “Untuk kloter campuran, kemungkinan KBIH Yanmu akan bergabung dengan KBIH Syaikh Zainuddin Anjani Lombok Timur,” jelasnya.

Nasri menambahkan, demi sukses dan sempurnanya pelaksanaan ibadah haji, pihaknya melalui beberapa Kantor Urusan Agama (KUA) dan masing masing KBIH sudah melakukan manasik haji. Pihaknya juga sudah menyarankan kepada semua JCH untuk menjaga kesehatan dan mengurangi kesibukan mereka. Sebab melaksanakan haji membutuhkan tenaga dan kesehatan maksimal. “Semoga pelaksanaan haji tahun ini semuanya bisa kembali sesuai dengan jumlah pemberangkatan dan mendapatkan haji mabrur,” do’anya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid