Kemenag NTB Kirim 43 Kontingen ke MQK Tingkat Nasional

Kemenag NTB Kirim 43 Kontingen ke MQK Tingkat Nasional
FOTO BERSAMA : Kakanwil Kemenag NTB H Nasrudin berfoto bersama 43 orang kontingen NTB dalam MQK ke VI tingkat nasional. (Ali Ma’shum/Radar Lombok)

MATARAM — Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag NTB mengirim 43 peserta wakil NTB pada Musabaqoh Qira’atil Kutub (MQK) VI tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Raodlatul Mubtadin Balekambang, Jepara Jawa Tengah (Jateng).

Peserta ini dilepas oleh Kakanwil Kemenag NTB H Nasrudin di Aula Kanwil Kemenag NTB Kamis lalu (30/11). Ketua Kontingen NTB H Syaiful Hamdani mengatakan, MQK tingkat nasional ini dihelat dari tanggal 29 November sampai 7 Desember mendatang. Peserta yang dikirim berjumlah 43 orang dengan didampingi oleh 13 official. ‘’ Mereka terpilih berdasarkan seleksi ketat yang dilakukan selama satu bulan dan berasal dari beberapa pondok pesantren di NTB,’’ ujarnya.

BACA JUGA :  Pendaftar Sayangkan Layanan PPDB

Kontingen NTB ini akan mengikuti perlombaan di tiga tingkatan yaitu tingkat ula atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 5 peserta. Tingkat wustha (pertengahan) sebanyak 9 orang dan tingkat ulya sebanyak 11 orang. Selain itu, NTB dipastikan akan ambil bagian dalam bidang lomba debat Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. ‘’ Insya Allah semua bidang ini akan kita ikuti,’’ katanya.

Selain untuk mengikuti lomba, tujuan mengikuti kegiatan tersebut  dalam rangka membaca, memahami dan menerjemahkan isi dan serta kandungan kitab-kitab yang telah ditentukan oleh panitia pusat. Kemudian juga bertujuan dalam rangka mendorong dan memotivasi santri yang selama ini belajar  di pondok pesantren. Mereka diharapkan melakukan kajian dan pendalaman ilmu agama Islam dari referensi kitab kuning atau kitab gundul. ‘’ Disamping itu, sebagai sarana silaturahmi antar lembaga pondok pesantren se- Indonesia. Juga untuk menggali potensi santri agar menjadi kader ulama yang mumpuni dikemudian hari,’’ bebernya.

Sementara Kakanwil Kemenag NTB H Nasrudin mengimbau kontingen NTB pada MQK tingkat nasional tersebut bisa bersaing secara fair. Meskipun yang dikirim ini berjumlah 43 orang, ia berharap, agar kontingen NTB bisa memenangkan beberapa mata lomba. ‘’ Mudah-mudahan tidak sekedar ikut berpartisipasi. Tapi bisa berprestasi di tingkat nasional,’’ katanya.(gal/*)