Kembang Kuning Juara Lomba Desa Wisata Nasional

Desa Wisata Nasional
JUARA : Kepala Desa Kembang Kuning Lalu Sujian didampingi ketua Pokdarwis, manajer BUMDes, Kadis PMD dan Dispar saat mempresentasikan desa wisata Kembang Kuning di Kemendes PDT 20 Nopember 2019 lalu.( Ist for Radar Lombok)

SELONG-Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur  berhasil menduduki peringat pertama atau juara satu lomba desa wisata tingkat nasional  kategori desa wisata berkembang. Hal tersebut berdasarkan berita acara nomor  1014/PMD.08.05/XI/2019 yang dikeluarkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi (Kemendes PDT)  dengan nomor surat No. 294 tahun 2o19 , Kamis (28/11).

Peringkat pertama yang diraih Desa Kembang kuning karena mampu memperoleh poin tertinggi mengalahkan peserta lainnya yang merupakan desa wisata perwakilan dari berbagai kabupaten di seluruh Indonesia yang berhasil masuk 10 besar. Desa Kembang Kuning mendapat nilai 1. 125, posisi kedua ditempati Desa Tebara Sumba Barat, NTT, dengan  nilai 1.121.

“ Alhamdulillah kita peringat pertama. Sesuai harapan. Surat pengumumannya kita terima hari ini “ kata Kepala Desa Kembang Kuning, Lalu Sujian, yang dikonfirmasi koran ini kemarin.

Prestasi yang membanggakan ini tentunya akan dijadikan sebagai motivasi bagaimana desa wisata Kembang Kuning  kedepan menjadi lebih baik dan maju. Termasuk bagaimana menggali berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki desa itu. Sehingga desa wisata yang dikembangkan mampu  meningkatkan kunjungan wisatawan dan memajukan sektor pariwisata di daerah ini. Yang paling penting dampaknya bisa menyejahterakan masyarakat.

“ Kita akan terus lebih giat lagi. Kedepan kita akan sempurnakan program-program berkaitan dengan desa wisata” ungkapnya.

Selain itu, dia juga berkomitmen untuk memperkenalkan desa wisata ke masyarakat luas. Sehingga masyarakat akan lebih mengetahui apa itu desa wisata. “Untuk itu, lomba desa wisata ini tidak hanya selesai setelah lomba. Tapi bagaimana bisa terus berlanjut. Dari itu,  potensi desa wisata lainnya yang  ada akan terus kita gali,” ungkapnya.

Dia juga berharap pemerintah daerah baik itu kabupaten dan provinsi  supaya terus diberikan pembinaan dan bimbingan untuk program pengembangan desa wisata yang berkelanjutan.”Sekarang kita tinggal tunggu undangan dari Kemendes PDT untuk pemberian penghargaan. Mungkin nanti akan langsung diterima oleh Pak Bupati ‘’ ungkap Sujian.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Lotim, HM. Mugni, ketika dimintai tanggapan menjawab berterima kasih atas kerja keras dan semangat Kades Kembang Kuning beserta masyarakat setempat sehingga mampu mempersembahkan prestasi. Termasuk juga bupati dan wakil bupati yang selama ini telah memberikan dukungan penuh, motivasi dan  arahan.” Dan ini juga tak lepas berkat kerjasama yang baik dengan semua OPD lingkup Pemkab Lotim. Sehingga muaranya Desa Kembang Kuning menjadi yang terbaik. Tentunya ini juga akan menjadi referensi Lotim untuk mengembangkan desa wisata “ terang Mugni.(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid