Keluarga Besar BI Salurkan Bantuan Korban Banjir Bima

BANTUAN BANJIR: Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono menyerahkan bantuan dari IPEBI untuk korban banjir bandang di Bima, yang diterima oleh Walikota Bima, H. Qurais H. Abidin, Jumat (30/12) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Bencana banjir bandang yang melanda Kota Bima dan sebagian Kabupaten Bima pada tanggal 21 dan 23 Desember 2016, mengusik kepedulian dan menjadi perhatian semua pihak dari seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali insan Bank Indonesia.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB mengajak semua pihak yang ada di lingkungan internal Bank Indonesia di seluruh nusantara turut membantu meringankan beban korban bencana banjir bandang di Bima.

Alhasil, terkumpul bantuan dari Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI), Kantor Pusat Bank Indonesia dan berbagai Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam bentuk barang kebutuhan pangan, seperti air mineral, beras, gula, teh, kopi, mie instan, susu cair, makanan bayi dan makanan kering, pakaian layak pakai, selimut, sarung, dan alas kaki, obat-obatan, dan alat tulis senilai Rp 140 juta.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Prijono mengatakan, bantuan berbagai barang tersebut dikemas dalam bentuk 693 paket, dan telah dikirimkan pada tanggal 29 Desember 2016.

“Bantuan ini disalurkan sebagai bentuk perhatian dan empati insan Bank Indonesia kepada saudara-saudara kami korban banjir bandang di Bima,” kata Prijono, Jumat (30/12).

BACA JUGA :  Jalan Taman Selong Tergenang air

Selain sumbangan dari lingkungan internal Bank Indonesia, terdapat pula sumbangan dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bengkulu berupa makanan, pakaian dan alat pendidikan senilai Rp10 Juta.

Hingga saat ini, sambung Prijono, banyak pihak yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Bima, dan Bank Indonesia berkeinginan untuk turut serta meringankan beban masyarakat melalui penyaluran bantuan yang sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran dari segi penyalurannya.

Karena itu pada tanggal 30 Desember 2016, Prijono menyerahkan secara langsung bantuan tersebut kepada pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima sekaligus memantau kondisi terkini di daerah terdampak banjir.

Hingga saat ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinis NTB masih terus menerima sumbangan dari berbagai Kantor Perwakilan se Indonesia yang diterima melalui rekening Ikatan Pegawai Bank Indonesia Komisariat Mataram untuk disalurkan kemudian.

“Kami berharap bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat meringankan beban masyarakat terdampak banjir bandang sekaligus dan sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia kepada masyarakat,” ujarnya. (luk)