Kejayaan Bawang Putih Sembalun akan Dikembalikan

Ilustrasi Bawang Putih

SELONG – Dinas pertanian kabupaten Lombok Timur  akan mengembalikan kejayaan bawang putih yang ada di sambalun.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Lombok Timur, Badarudin mengatakan, pada tahun 1980-an, Sembalun merupakan kecamatan yang jaya dengan bawang putih. Lantaran itu, pihaknya bertekad tahun ini akan kembali mengembangkan dan mengembalikan kejayaan bawang putih tersebut.

[postingan number=3 tag=”bawang”]

“Disamping pengembangan bawang putih, beberapa pihak juga ingin membantu di wilayah sembalun untuk mengembangkan bawang putih ini,” ungkapnya, Selasa (11/4).

Disampaikannya, bawang putih sembalun merupakan bawang putih yang tidak kalah saing dengan bawang putih impor. Bahkan bawang putih Sembalun memiliki kualitas termasuk aroma jauh lebih bagus.

“Yang menjadi ciri khas dari bawang putih Sembalun ini baunya lebih menyengat sehingga kualitas tidak bisa ditandingi dengan bawang putih dari daerah lainnya,” jelasnya.

Hal yang membuat bawang putih Sembalun menjadi lebih berkualitas disebabkan dengan lahan dan iklim yang sangat mendukung. Sehingga hasil dari bawang putih yang dimiliki Lombok Timur Jauh lebih bagus dari pada bawang impor lainnya.

“Kalau dari bibit bawang putih yang ada di Sembalun, bisa dikatakan semua daerah meminta bibit ini untuk dikembangkan,” terangnya.

Dikatakannya, pada bulan april ini akan datang dari Bank Indonesia(BI) yang akan menggandeng peneliti dari UGM akan mencoba menanam bawang putih dan akan menggunakan pupuk organik. Tujuannya untuk mengembalikan observasi tanah yang sudah lama tercemar dan menghilangkan paradigm masyarakat jika tidak menggunakan pupuk kimia hasil tidak akan memuaskan. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid