Kegiatan Bakti Sosial Bantuan Air Bersih Polres Lobar

Kesulitan Air, Warga Senang Dibantu Polisi

Kegiatan Bakti Sosial Bantuan Air Bersih Polres Lobar
BANTUAN : Distribusi air oleh Polres Lobar di Dusun Kambeng Barat Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar, Kamis (7/9). (ZUL/RADARLOMBOK)

Musim kemarau di Lombok Barat bagian selatan terjadi setiap tahun. Tetapi yang dilanda bencana kekeringan atau kekurangan air bersih hanya daerah itu-itu saja. Belum ada model penanganan efektif bagi kawasan yang rutin dilanda kekeringan ini. Seperti yang dialami warga Dusun Kambeng Barat Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar.


ZULKIFLI-GIRI MENANG


Kamis (7/9) sekitar pukul 10.00 Wita belasan anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Barat berangkat menuju lokasi bakti sosial di Dusun Kambeng Barat Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar. Polisi datang untuk menyalurkan bantuan air bersih menggunakan dua mobil tanki air masing-masing berkapasitas 5.000 liter. Mobil yang dipakai adalah milik Dinas Perumahan dan Pemukiman Lobar dan organisasi kemasyarakatan.

Lokasi yang dituju dihuni oleh puluhan KK yang tinggal menyebar di atas gunung. Jalan tanah berbatu yang tidak rata menyebabkan kendaraan sulit melaju. Namun untungnya mobil tanki yang dipinjam ini masih baru sehingga kuat menanjak. Sementara kendaraan Binmas milik Polres Lobar tidak bisa naik. Sepanjang jalan, warga bersemangat membawa wadah untuk menampung air bantuan polisi.  

Dari jalan terjal yang dilewati rombongan, tampak sungai mengering. Di sinilah warga biasanya mengambil air bersih. Di sini juga ada mata air. Tampak pula sejumlah selang dihubungkan ke rumah-rumah warga pada mata air ini. Tetapi apa daya, mata air ini nyaris mengering. Warga sekarang hanya bisa mengambil air dengan lancar pada pagi hari. “ Pakai wudu saja susah,” ungkap Saiyah, warga setempat.