Kecamatan Sakbar Beri Pelatihan Kader Posyandu

PELATIHAN POSYANDU: Tingkatkan kemampuan SDM para kader Posyandu, Kecamatan Sakbar selama enam hari menggelar pelatihan, yang telah dimulai sejak Senin lalu (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Agar mandiri dan balai rakyat tak hanya menjadi balai kesehatan saja, Kecamatan Sakra Barat (Sakbar), Kabupaten Lombok Timur (Lotim), menggelar pelatihan dan pengelolaan kepada seluruh kader Posyandu di masing-masing desa di Kecamatan Sakbar.

“Kalau yang kemarin kan Posyandu ini hanya sebagai balai kesehatan saja. Dengan adanya pelatihan ini, kita harapkan bisa lebih maju dan menjadi balai rakyat dan kegiatan yang lain,” kata Kasi PMD Kecamatan Sakbar, Marzuki, kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (4/10).

Disampaikan, pelatihan telah dimulai sejak sejak hari Senin (3/10), dan setiap harinya dihadiri oleh dua desa, masing-masing terdiri dari Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD), PKK dan Kader-Kader Posyandu masing masing desa (7 kader per desa, red).

Mengingat jumlah desa di Kecamatan Sakbar ada sebanyak 18 desa, maka kegiatan akan dilaksanakan selama 6 hari. “Jadi acara ini kita laksanakan selama enam hari, dimana setiap pertemuan dihadiri oleh dua desa,” jelasnya.

Tak hanya itu, kalau selama ini Posyandu melakukan kegiatan hanya sebulan sekali di masing-masing desa. Maka kedepan usai pelatihan mereka bisa bekerja setiap hari. “Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan kesehatan bisa lebih maksimal, dan bisa menjadi balai rakyat untuk mengembangkan kegiatan yang lain,” pungkas Marzuki. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid