Kebersihan Puskesmas Harus Dijaga

PERESMIAN PUSKESMAS: Bupati Lotim, Ali BD memotong pita, sebagai tanda diresmikannya Puskesmas Karang Baru, Kecamatan Wanasaba, Senin (3/4) (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Puskemas Karang Baru, Kecamatan Wanasaba, akhirnya beroperasi setelah diresmikan Senin kemarin (3/4). Kebaradaan Puskemas ini dihajatkan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Karang Baru, dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Wanasaba.

Peresmian dilakukan langsung Bupati Lotim, Ali BD dan dinas terkait, termasuk Camat setempat. Bupati mengatakan, setelah diremsikan, maka hari itu juga masyarakat di wilayah itu dan sekitarnya tidak perlu lagi berobat jauh-jauh ke Puskesmas Wanasaba. “Terutama bagi ibu-ibu hamil yang ingin berobat atau kontrol, maka saat ini tidak perlu lagi ke Pukesmas Wanasaba,” ungkap Ali BD.

[postingan number=3 tag=”puskesmas”]

Dikatakan, anggaran yang dimiliki pemerintah saat ini memang sangat terbatas. Namun keterbatasan anggaran itu bukan menjadi menjadi kendala. Namun melalui semangat gotong-royong, maka itu akan bisa meringankan beban  pemerintah. “Sementara untuk perekrutan tenaga medis, supaya segera diperhatikan oleh Dinas Kesehatan, sesuai dengan harapan dari masyarakat,” pintanya.

Selain itu, dia juga menyinggung soal kebersihan, terutama masalah sampah di setiap Puskesmas. Ini disampaikan, setelah melihat banyaknya sampah yang berserakan di Puskesmas tersebut. Karena jika Puskesmas maupun rumah sakit kondisinya kotor dan dipenuhi sampah, maka masyarakat nantinya akan enggan untuk datang berobat.

“Kita harus bersama-sama memelihara kebersihan. Karena kebersihan bukan saja  tugas dari petugas kebersihan. Namun tanggung jawab dari semua. Terutama Kepala Puskesmas, agar meminta bawahanya menjaga kebersihan, karena kebersihan merupakan bagian dari iman,” pesannya.

Sementara Camat Wanasaba, Saleh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Lotim, yang telah membangun Puskesmas baru di Kecamatan Wanasaba. Keberadaan Puskesmas ini, masyarakat di sekitar Karang Baru kini pelayanan kesehatannya menjadi semakin dekat. “Saya harapkan kalau ada perekrutan  tenaga untuk Puskesmas  tersebut, supaya direkrut dari masyarakat sekitar. Baik itu tenaga harian lepas, kebersihan dan tenaga lainnya,” harapnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid