Kawasan Gunung Rinjani Kembali Terbakar

Kawasan Gunung Rinjani Kembali Terbakar
KEBAKARAN : Lahan perbuktikan dikawasan TNGR di desa Sembalun Lawang kecamatan Sembalun terbakar Senin kemarin (9/10). (TNGR FOR RADAR LOMBOK)

SELONG – Kebakaran lahan  kembali terjadi di kawasan Balai Taman Nasional Rinjani (TNGR) di Sembalun, Senin kemarin (9/10).

Kali ini kebakaran melanda wilayah perbukitan yang merupakan kawasan TNGR, tepatnya di desa Sembalun Lawang kecamatan Sembalun. Api pun dengan cepat melahap savana di  bukti tersebut.

Saat kebakaran, cuaca di wilayah  itu cukup  panas disertai  hembusan angin yang kencang. Kondisi ini menyebabkan api dengan cepat menyambar ilalang dan pepohonan yang ada di sekitarnya. Tim gabungan  langsung bergerak cepat turun untuk  melakukan pemadaman.

Kepala TNGR wilayah Sembalun Zainuddin  dihubungi membenarkan adanya kebakaran bukti  di Sembalun. Dikatakan lokasi kebakaran sendiri terjadi di bukit Telaga  yang terletak di Sembalun Lawang. Namun kebakaran  tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kebakaran yang terjadi sebelumnya di sekitar kawasan pendakian Rinjani. ‘’ Ya benar ada kebakaran. Lokasinya  di bukit ‘’ ungkap Zainuddin.

Berdasarkan informasi yang diterima lanjutnya, kebakaran berasal dari salah satu kebun milik warga setempat. Tapi mereka tidak mengetahui secara pasti, apakah karena disengaja atau tidak. Yang jelas pihaknya bersama kepolisian masih   sedang melakukan penyelidikan, untuk memastikan penyebabnya. ‘’ Luas lahan yang terbakar  kurang lebih sekitar 7 hektar. Kita sedang usut  penyebabnya  ‘’ imbuhnya

Tim gabungan langsung  turun melakukan pemadaman . Namun karena kondisi  bukti yang terjal, mereka pun lebih  fokus melakukan pemadaman di pinggir bukti, karena lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga.‘’ Belum sepenuhnya kita bisa padamkan, terutama di sekitar tebing bukit. Tapi kita tetap melakukan pemantauan ‘’ ungkapnya.

Hal sama juga dikatakan Kapolsek Sembalun Iptu I Made Sutama. Dijelaskan, kebakaran yang terjadi di bukti Sembalun menyebabkan sekitar 7 hektar lahan yang masuk ke kawasan TNGR habis di lelap api. Namun mereka juga belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran itu apakah di sengaja atau kah kemungkinan karena ada gesekan kayu mengingat kondisi cuaca sedang panas.

‘’ Kebakaranya terjadi sekitar pukul 02.00 Wita sore.Lokasinya di salah satu bukti  di wilayah Sembalun Lawang. Itu masuk kawasan TNGR ‘’ pertegas Sutama.

Mereka pun telah melakukan upaya pemadaman bersama tim gabungan dari TNGR,  kepolisian  dan anggota TNI setempat. Dimana kobaran api yang melalap lahan perbukitkan itu, berhasil dipedamakan  selang beberapa waktu kemudian.

‘’ Barusan kita turun melakukan pemadaman. Apinya sudah bisa kita padamkan,”jelasnya(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid