Kasdim Sumbawa Berharap Bantuan Alsintan Berdampak Peningkatan Hasil Produksi

BANTUAN ALSINTAN: Kasdim 1607/Sumbawa, Mayor Inf Dahlan S.Sos, mendampingi Pemkab Sumbawa menyerahkan bantuan Alsintan dari Kementan RI kepada Kelompok Petani.

SUMBAWA BESAR–Kodim 1607/Sumbawa ikut mendampingi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa, menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementertian Pertanian (Kemantan) RI, kepada kelompok tani, bertempat di Dusun Buing Pandan, Desa Karang Dima, kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Jum’at (21/06/2024).

Kasdim 1607/Sumbawa, Mayor Inf Dahlan S.Sos, yang ikut memberikan pendampingan langsung dalam proses penyaluran bantuan Alsintan ini menyampaikan, bahwa bantuan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani lokal, serta mengantisipasi kelangkaan pangan.

“Bantuan alat mesin pertanian ini sangat penting dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, sejalan dengan visi pemerintah untuk meningkatkan kemandirian pangan di tingkat lokal,” kata Dahlan.

Kesempatan tersebut, Kasdim 1607/Sumbawa juga mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian RI melalui Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam memprioritaskan sektor pertanian sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi lokal, guna mengantisipasi darurat pangan khususnya padi.

“Pihak TNI AD siap memperkuat dan bersinergi, baik dengan pemerintah maupun masyarakat petani dalam meningkatkan kesejahteraan, serta mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan,” ujar Dahlan.

Acara penyerahan bantuan Alsintan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, kelompok petani penerima bantuan, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait, yang menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan hasil pertanian dan mencapai ketahanan pangan yang lebih baik di Kabupaten Sumbawa.

Kasdim 1607/Sumbawa berharap bahwa melalui penyaluran bantuan alat mesin pertanian ini, masyarakat atau kekompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan Alsintan yang diberikan dalam mendukung pingkatkan produktivitas pertanian secara signifikan. Sehingga tujuan pemerintah dalam mengantisipasi kelangkaan pangan dapat teratasi.

Selain itu, Kasdim juga berharap agar bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dan menciptakan kemandirian ekonomi bagi petani lokal.

“Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu sentra penyangga pangan NTB, dan Provinsi NTB adalah salah satu penyangga pangan nasional,” jelas Dahlan.

Kasdim Sunbawa juga mengingatkan kepada kelompok tani penerima, agar tidak mengalihfungsikan bantuan Alsintan maupun bantuan lain dengan tidak semestinya.

“Untuk itu kepada para penyuluh, koordinator kelompok, para Babinsa, Babinkamtimas dan lainnya, agar bersinergi di lapangan. Hindari terjadinya penyimpangan agar apa yang kita harapkan dapat terwujud,” tegas Dahlan. (rl)

Komentar Anda