Kasal Tinjau Servak Covid-19 di BP Lanal Banjarmasin

KASAL: Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE. MM, didampingi Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, meninjau pelaksanaan Servak Covid-19 di BP Lanal Banjarmasin, Jumat (17/9).

BANJARMASIN—Antusias masyarakat untuk mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19, hingga kini masih tinggi. Hal itu pula yang membuat Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin, terus bersemangat dan intens menggelar Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 secara massal, yang menyasar masyarakat maritim (pesisir) dan perkotaan di Kalimantan Selatan, termasuk para AMNUS (Akademi Maritim Nusantara).

Servak massal kali ini bertempat di Balai Pengobatan (BP) Markas Komando Lanal Banjarmasin, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac yang sudah terbukti aman dan efektif.

Sebanyak 500 dosis disiapkan oleh Lanal Banjarmasin untuk peserta vaksinasi, dengan melibatkan Tim Vaksinator (Nakes) dari Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin sendiri dan Dinkes Kota Banjarmasin.

Bahkan kegiatan Servak massal tersebut juga disiarkan langsung secara Vicon (Video Conference), yang diikuti oleh Lantamal XIII Tarakan beserta jajaran yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE. MM.

Saat meninjau, Kasal yang juga didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono beserta staf dan jajarannya itu mengatakan, pihaknya sengaja datang ke Lanal Banjarmasin untuk meninjau kegiatan Servak, agar tercipta herd immunity (kekebalan kelompok) di lingkungan masyarakat, untuk membantu dan mensukseskan program Pemerintah supaya cepat selesai dalam penanganan penyebaran wabah Covid-19.

BACA JUGA :  Lanal Banjarmasin Gencar Vaksinasi, Kali Ini Sasar 1.199 Orang di ULM

“Program vaksinasi yang dilakukan sejak tanggal 23 Juni yang lalu, memang sudah selesai. Dan selanjutnya seluruh jajaran TNI AL kami perintahkan vaksinasi ke para pelajar yang kini sedang melaksanakan sekolah tatap muka. Sehingga nanti para guru dan murid bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan tenang. Tentunya juga di Pondok Pesantren dan Universitas akan kita sasar semuanya,” kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S. E., M. M, dalam keterangan pers, Jumat (17/9).

“Selain itu, kepada jajaran TNI AL juga diperintahkan untuk bersama-sama dan bersinergi dengan lembaga terkait, yaitu Pemerintah Daerah dan organisasi pemuda yang ada di wilayah masing-masing untuk mensukseskan program vaksinasi Nasional ini,” sambung Yudo.

Kesempatan meninjau program Servak tersebut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, juga menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Tim Vaksinator (Nakes) Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin.

Sementara itu, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atas kesadaran dan antusiasnya untuk mendapatkan vaksinasi dari TNI AL yang semakin meningkat.

“Hal ini menunjukkan betapa pentingnya herd immunity (kekebalan kelompok) di elemen masyarakat, untuk menjaga hidup sehat dan tidak mudah terserang wabah Covid-19,” tutur Herbiyantoko.

BACA JUGA :  Pangkalan TNI AL Banjarmasin Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Pesisir

Ke depan Lanal Banjarmasin juga akan terus gencar pemerataan Servak secara massal ke daerah-daerah pesisir yang jauh dari akses transportasi, dengan menyasar usia remaja, Manula dan para pelajar. Harapannya, melalui serbuan vaksinasi ini dapat mempercepat musim pandemi segera berakhir, dan masyarakat bisa beradaptasi secara normal menuju tatanan kehidupan yang baru.

“Sejauh ini, TNI AL dalam hal ini Lanal Banjarmasin tetap berkomitmen dalam menekan dan meminimalisir laju penyebaran wabah Covid-19, dengan menyelenggarakan Servak kepada warga pesisir di beberapa tempat wilayah Kalimantan Selatan sebanyak 35 kali, dan telah berhasil memvaksinasi sebanyak 13.185 orang, atau 1.318 vial,” jelas Danlanal.

Servak massal di Banjarmasin ini juga turut dihadiri oleh Koorsahli Kasal Laksamana Muda TNI Roberth Wolter Tappangan dan Ibu, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi P dan Ibu, Danlantamal XIII Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti dan Ketua Korcab XIII DJA II, Sekdispenal Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo, Koorsmin Kasal Kolonel Marinir IIi Dasili, Paban I Ren Srenal Kolonel Laut (P) Hudianto Krisno Utomo beserta para tokoh Agama, tokoh masyarakat dan organisasi pemuda. (gt)