Karateka NTB Zigi Zaresta Raih Medali Emas di SEA Games Kamboja 2023

HATTRICK: Atlet kebanggaan NTB, Ahmad Zigi Zaresta Yuda berhasil sumbang emas ketiga di ajang SEA Games untuk Indonesia. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Karateka NTB Zigi Zaresta Yuda membawa nama baik Indonesia di ajang SEA Games XXXII/2023 Kamboja.

Zigi berhasil mengamankan medali emas, di Hall Chroy Changvar International Convention & Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (6/5/2023).

Kesuksesan Zigi ini tercatat sudah tiga kali boyong emas dari empat kali tampil di ajang SEA Games.

Karateka asal Lombok Barat ini berhasil meraih emas pada SEA Games 2023 pada cabang olahraga karate nomor Men’s Individual KATA.

“Alhamdulillah, raihan emas ini adalah emas ketiga buat saya di ajang SEA Games,” ujar Zigi.

Zigi berhasil amankan emas setelah sukses mengalahkan Muhammad Aiqal Asmadie dari Malaysia dengan poin tipis saja.

Ia mengakui ada sedikit kesalahan karena gugup, namun bersyukur perolehan poin masih di atas lawannya.

Baca Juga :  Natasya Raih Juara Kata Perorangan Internasional di Bali

“Saya sempat lakukan kesalahan sedikit, tetapi Alhamdulillah masih bisa diatasi,” bebernya

“Ini SEA Games saya yang ke-4, dan medali emas yang ketiga. Jadi saya dapat hattrick emas,” katanya.

Selain sukses pecah rekor hattrick buat sosok Zigi. Emas yang disumbangkan untuk kontingen Indonesia tersebut menjadi emas yang keenam bagi Indonesia.

Seluruh medali emas Indonesia diraih dalam sejumlah pertandingan pada hari ini.

Sebelumnya tim Indonesia mendapatkan medali emas melalui torehan Feri Yudoyono dari cabang sepeda gunung cross country putra, Rashif Amila Yaqin dari cabang aquathlon, Agus Prayogo dari atletik putra, Odekta Naibaho dari atletik putri, dan Sayu Bella Dewi dari MTB cross country putri.

Bersepeda MTB dan atletik jadi cabang yang mendominasi perolehan medali emas kontingen Indonesia sejauh ini, denga masing-masing mendapatkan dua emas.

Baca Juga :  Tampil Perdana di SEA Games, Anggun Atlet NTB Sabet Medali di Cabor Baru

Perolehan enam medali emas saat ini melebihi target dari kontingen Tim Merah Putih yang sebelumnya berharap bisa mendapatkan lima emas pada Sabtu.

Meski demikian Tim Merah Putih masih memiliki kans mendapatkan emas lain melalui sejumlah cabor lainnya. Termasuk dari sejumlah atlet atletik asal NTB seperti Lalu M Zohri nomor 100 m dan 200 m putra, dan Safwaturrahman di nomor triple jump dan long jump. Setidaknya ada empat medali yang bisa diamankan dari kedua atlet kebanggan NTB tersebut. Selanjutnya dari cabor Voli Pasir, dan Tinju. Sementara dari cabor Obstacle Race sudah amankan Perunggu. (rie)

Komentar Anda