Kapolsek Gunungsari dan Enam Anggota Diperiksa

AKBP Syarif Hidayat (ABDURRASYID EFENDI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Nasib Kapolsek Gunung Sari, Lombok Barat, AKP Agus Eka Artha Sudjana belum diputuskan pasca-kaburnya empat tahanan. Kabarnya, Polresta Mataram masih melakukan pemeriksaan.

Waka Polresta Mataram AKBP Syarif Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan pendalaman dari Profesi dan Pengamanan (Propam) dan Sistem Informasi Pengawasan (Siwas), bahwa Kapolsek Gunungsari sudah memperingati dan memberikan kontrol kepada anggotanya yang tengah menjalankan piket jaga.

“Keterlibatan langsung dari Kapolseknya belum kita temukan, tapi tidak menutup kemungkinan kalau ditemukan ada kelalaian dari Kapolseknya sendiri maka akan dilakukan penyelidikan,” ujar Syarif kepada wartawan, Jumat (4/2) lalu.

Adapun untuk kemungkinan dimutasi atau turun pangkat, ia menyebutkan bahwa hal tersebut belum jelas karena masih dilakukannya pemeriksaan. Namun berdasarkan dari informasi Anggota Polsek Gunungsari yang sudah diperiksa, tugas Agus Eka sebagai pemimpin di Polsek Gunungsari sudah dilaksanakan atau dijalankan. “Tinggal lalai anggotanya yang tidak menjalankan. Untuk Kapolseknya belum kita lakukan tindakan, karena dari pemeriksaan 6 orang anggota itu membenarkan bahwa Kapolseknya sudah memberikan arahan dan petunjuk,” bebernya.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Amankan Puluhan Motor dan Truk Hingga Sajam

Sementara untuk 6 anggota Polsek Gunungsari yang bertugas piket saat itu juga sudah dilakukan pemeriksaan. Dan pihaknya sudah meminta saran pendapat kepada Seksi Hukum (Sekum) Polresta Mataram. “Kalau segera turun, kita juga akan segera sidangkan. Rencananya kita sidangkan minggu depan. Kita tunggu dulu dari Sekum-nya, kalau saran pendapat Sekum-nya turun minggu ini, minggu depan kita sidangkan,” katanya.

Baca Juga :  Ribuan Tablet Obat Ilegal Diamankan

Yang jelas, dengan kejadian kaburnya tahanan kasus pencurian itu, ditekankan kepada seluruh Polsek khususnya yang ada di jajaran Polresta Mataram agar tahanan bisa diperketat lagi penjagaannya, semua SOP harus dijalankan.

“Anggota jangan lalai, harus pahami SOP dan pahami tanggung jawabnya. Kita sudah tekankan ke semua jajaran untuk ditingkatkan dan diperketat lagi pengamanan dan SOP-nya,” pungkasnya. (cr-sid)

Komentar Anda