Kapolres Rutin Turun Desa

TURUN DESA: Kapolres Lotim, AKBP Wingky Adhityo Kusumo, saat turun ke desa-desa untuk memantau situasi Kamtibmas, sekaligus menggelar dialog dengan masyarakat maupun anggota di Mapolsek (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Sejak menjabat sebagai Kapolres Lotim, AKBP Wingky Adhityo Kusumo terus melakukan gebrakan. Baik itu menyangkut pelayanan maupun keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Bahkan untuk memastikan kondisi Kamtibmas di wilayah Lotim, beberapa waktu terakhir ini, Wingky kerap turun dan terjun langsung melakukan pemantauan ke desa-desa. Pemantauan itu menyasar ke sejumlah desa yang rawan kasus kriminalitas, baik itu Curas (pencurian dengan kekerasan), maupun Curat (pencurian dengan pemberatan).

“Kapolres Lotim terus gencar melakukan pendekatan dengan jajaran masyarakat,” terang Kasubag Humas Polres Lotim, Iptu I Made Tista, Jumat kemarin (7/10).

Dikatakan, penelusurun ke desa-desa itu bagian dari cara Kapolres untuk melakukan penyesuaian diri ditempat kerjannya yang baru. Selain untuk membangun komunikasi, gebrakan Kapolres ini lanjutnya bagian dari upaya membangun komunikasi yang lebih intensif dengan jajaran Polsek, termasuk dengan masyarakat itu sendiri.

“Kegiatan turun ke lapangan ini bagian untuk mengetahui secara pasti kondisi wilayah sebagai penentu kebijakan,” terangnya.

Sementara terkait kunjungan ke jajaran Polsek katanya, dengan maksud untuk memberikan tauladan kepada bawahan, bahwa polisi itu harus bekerja sepenuhnya untuk rakyat. Bahkan disetiap kunjungannya ke Mapolsek, Kapolres pun selalu memberikan pesan kepada para anggota agar memiliki grade setingkat yang lebih tinggi dari masyarakat biasa.

“Sebagai pimpinan, komunikasi yang intensif dengan personel Polsek dan masyarakat sangatlah dibutuhkan, agar dapat menciptakan suasana yang kondusif,” sebut Tista.

Kesempatan turun lapangan itu, Kapolres juga memberikan bantuan alat komunikasi ke masyarakat, terutama kepada para pemilik kandang kolektif di sejumlah desa yang dikunjunginnya. Ia pun memberikan himbauan kepada warga agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Warga diminta untuk mengaktifkan ronda malam, dan menjaga solidalitas. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, disarankan agar segera melapor,” pungkas Tista. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid