Kapolda NTB Turun Mengecek Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru

PAM NATARU: Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Ikbal bersama Danrem 162/ Wira Bhakti mengecek Pos Pam Natal dan Tahun Baru (Nataru). (dery harjan/radarlombok.co.id)

MATARAM-Guna menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Kapolda NTB Irjen Pol Mochammad Ikbal, bersama Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani melakukan pemeriksaan Pos Pengamanan yang ada di Kota Mataram, Lombok Tengah , dan Lombok Barat, Kamis (24/12/2020).

Pos-pos yang dipantau antara lain Pos PAM Cakranegara, Kota Mataram, Pos Pam Mantang, Lombok Tengah, dan Pos PAM Kediri, Lombok Barat.

Kapolda mengatakan pengecekan tersebut dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan personel, sarana dan prasarana dalam pelaksanaan tugas pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Kami ingin menyapa rekan kami yang sedang bekerja. Baik itu jajaran TNI, jajaran Kepolisian, dan seluruh stake holder yang ada, untuk saling bahu-membahu melaksanakan pengamanan Natal dan tahun baru 2021.

Selain itu kami juga mengecek kesiapan baik itu individu maupun sarana prasarana,”ungkap jendral bintang dua tersebut.

Dari hasil pengecekan itu, Ikbal mengaku cukup puas dengan kesiapan dari para personil yang bertugas. Hal itu kata Kapolda, menunjukkan bahwa benar-benar profesionalitas dalam rangka melayani masyarakat.

Ikbal menyebutkan bahwa ada 22 pos pengamanan dan 12 pos pelayanan di seluruh NTB. Hanya saja ada beberapa Polres jajaran yang berinovasi mendirikan pos pemantau. Salah satunya yaitu Polres Lombok Barat.

“Lombok Barat itu mendirikan hampir 9 pos pemantau. Itu kreasi mereka sendiri untuk memaksimalkan pengamanan,” ujarnya.

Terhadap petugas yang tergabung dalam Operasi Lilin, Ikbal menekankan bahwa selain melakukan pengamanan, juga ditekankan untuk melakukan penegakan protokol kesehatan.

“Bukan hanya meniadakan gangguan Kamtibmas, seperti meniadakan kerawanan kemacetan dan kecelakaan saja, tetapi protokol kesehatan juga harus dijaga, sehingga masyarakat juga selamat dari virus corona,” ujarnya.

Sementara Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI, Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya Operasi Lilin Rinjani 2020.

“Seluruh kabupaten/kota seluruhnya kami gelar anggota, terutama para Babinsa yang punya wilayah untuk bersinergi dengan Babinkamtibmas maupun personil yang ada di pos pengamanan,“ ujarnya. (der)