Kapolda NTB: Idul Fitri 1441 H di NTB Aman Sesuai Protokol Covid-19

Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H (polda for radarlombok.co.id)
Advertisement

MATARAM—Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), berjalan aman dan kondusif, sesuai protokol penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu disampaikan Kapolda NTB, Ahad (24/5) pagi, melalui keterangan tertulisnya kepada media. “Situasi Kamtibmas NTB sampai dengan hari H Idul Fitri dalam keadaan kondusif,” kata Kapolda.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, berdasarkan laporan dari seluruh Kepolisian Resor (Polres) jajaran di 10 kabupaten/kota, dapat disimpulkan bahwa situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) aman dan terkendali, sesuai anjuran pemerintah.

“Mayoritas masyarakat NTB pada saat malam takbiran dan Salat Idul Fitri mematuhi protokol Covid-19,” jelas Iqbal.

Pun pada malam takbiran, lanjut Kapolda NTB, setelah melakukan Patroli Gabungan Blue Light Berskala Besar, Sabtu (23/5) malam, terpantau berjalan sesuai harapan. Dimana pada saat itu Kapolda NTB mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait social distanching dan physical distanching, agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Masyarakat melakukan takbiran di rumah masing-masing. Yang di masjid-masjid hanya dilakukan oleh marbot dan atau takmir masjid,” ucap Kapolda.

“Alhamdulillah, masyarakat dan semua elemen yang ada bisa mengerti, dan mengikuti anjuran dan himbauan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sekitar 5.000 personel Polri dari Polda NTB dan jajaran serta di backup 3.000 personel TNI, diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan malam takbiran dan pelaksanaan Sholat Idulfitri 1 Syawwal 1441 H.

“Kegiatan Patroli Gabungan TNI-Polri malam hari, memberikan rasa aman dan nyaman saat merayakan malam takbiran dan mempersiapkan Sholat Ied di rumah masing-masing,” tutur Iqbal.

Karena itu, Kapolda NTB sangat mengapresiasi semua pihak baik dari unsur pemerintah, lembaga, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda di NTB yang telah bersama-sama turut serta menjaga stabilitas kamtibmas.

“Terima kasih kami sampaikan, semoga semua upaya yang telah kita lakukan mendatangkan manfaat. Taqabbalallahu minna waminkum, shiyâmana wa shiyâmakum wakullu ‘âmin wa anntum bikhaîr. Atas nama Kepolisian Negara Republik Indonesia, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawwal 1441 Hijriyah,” tutup Kapolda. (der)