Kapolda Nilai Pilkada NTB Berjalan Kondusif

Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Ikbal bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, dan Ketua DPR RI Provinsi NTB, Baiq Isvie Rupaeda saat meninjau salah satu TPS di Cakranegara, Rabu (9/12). ( Dery Harjan/Radar Lombok)

MATARAM–Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen Pol Mohammad Ikbal menegaskan bahwa pilkada serentak di NTB berlangsung kondusif.

Kondisi ini kata Ikbal, harus dipertahankan hingga pilkada selesai. Ikbal mengaku sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengambil langkah inisiatif terhadap para paslon yang berkontestasi agar ikut menjaga ketertiban saat pilkada maupun paska pilkada. Kondusif juga diartikan oleh Ikbal semua harus dalam keadaan normal, baik terjaganya protokol kesehatan maupun kondusivitas suasana usai pilkada. Kapolda tidak menghendaki jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga semua anggotanya dipastikan menguasai wilayah masing-masing.
“Sejauh ini semua wilayah hukum Polda NTB relatif aman. Saya sudah melaksanakan update laporan dari 5064 personel Polda NTB yang kami kerahkan dalam kontestasi pilkada sampai tahapan inti,”ungkap Ikbal.

Jendral bintang dua ini berharap situasi kondusif juga bisa dijaga dengan masing-masing paslon untuk punya komitmen siap kalah dan siap menang apapun hasil pilkada. “Jika kekecewaan, ada sengketa itu ada jalurnya yaitu di sengketa hukum. Olah karena itu saya mengimbau bahwa tidak ada yang mengerahkan massa atau berperilaku seolah-olah bukan negara hukum. TNI dan Polri akan bertindak,”tegasnya.

Mantan Kadiv Humas Polri ini berharap semua pihak mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Sehingga pilkada tidak jadi klaster baru penyebaran Covid-19. “Hasil pengamatan kami hari ini alhamdulillah protokol kesehatan benar-benar dijaga. Tidak ada yang berkumpul baik itu di Mataram ,Lombok Tengah, Lombok Utara hingga yang ada di pulau Sumbawa. Manajemen antrian yang diselenggarakan oleh KPU berjalan dengan lancar,”ujarnya.

Jika masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik kata Ikbal itu layak diteladani. Jangan sampai paslon atau tim pemenangan malah memprovokasi untuk melanggar protokol kesehatan. “Ingat, keselamatan masyarakat adalah yang nomor satu,”tegasnya.

Senada dengan Kapolda, Danrem 162/ Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani juga mengatakan bahwa kondisi wilayah NTB saat ini relatif aman. Dari pihak TNI sendiri ada 2 ribu prajurit yang dikerahkan guna membantu Polri dalam rangka pengamanan. “ Laporan dari daerah-daerah baik pulau Lombok maupun Sumbawa rata-rata kondusif dan lancar. Tidak ada kendala. Kendalanya cuma cuaca tadi tetapi setelah hujan selesai semuanya kembali normal,”ujarnya.

“Hari ini kita diberikan nikmat yang luar biasa oleh Allah SWT. Cuaca yang mendung sehingga suasana juga sejuk. Dengan suasana pilkada semakin sejuk kan semakin dingin sehingga tidak ada indikasi-indikasi yang tidak kita inginkan,”tambahnya.

Terhadap situasi yang kondusif ini, Ketua DPR Provinsi NTB, Baiq Isvi Rufaeda memberikan apresiasi. Terlebih lagi penerapan protokol kesehatan benar-benar dijaga.”Alhamdulillah hasilnya sangat baik. Semua menerapkan protocol Kesehatan. Petugasnya juga sangat taat sehingga pilkada hari ini aman dan lancar,”ujarnya. (der)