Kapolda: Libur Panjang Imlek di Rumah Saja!

Irjen Pol Mohammad Ikbal (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kapolda NTB mengimbau warga tidak bepergian saat  libur pergantian Tahun Baru China atau Imlek pada 12-14 Februari 2021. “Libur panjang tahun baru Imlek masyarakat di rumah saja,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Ikbal, Senin (8/2).

Imbauan ini kata Ikbal untuk melindungi diri dari paparan covid-19. Mengingat semua orang bisa tertular apabila melakukan aktivitas yang tinggi. Terlebih saat ini kasus penyebaran virus semakin meningkat. “Liburannya ditunda dulu,” ujar Mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

Ikbal menjelaskan bahwa keselamatan adalah hal utama. Untuk itu masyarakat harus bisa menahan diri dulu untuk tidak bepergian selama libur panjang besok. “Apa gunanya mencari hiburan tetapi itu membahayakan diri, keluarga dan orang lain,” pungkasnya.

Saat di rumah pun jika ingin berkumpul bersama keluarga saat perayaan Imlek, maka diminta melaksanakannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Kalau merayakan, silakan bersama keluarga, tidak berkumpul yang mengakibatkan kerumunan,” kata dia.

Pihaknya juga menurunkan personel ke tempat-tempat keramaian dalam rangka megawasi penerapan protokol kesehatan. Para pengelola tempat hiburan, hotel, restoran, dan lainnya juga diminta membatasi pengunjung pada perayaan Imlek. “Kita akan minta semua baik itu pihak hotel, restoran dan tempat hiburan untuk membatasi pengunjung,” tutupnya. (der)