Kapal Kandas, Evakuasi Penumpang Berlangsung Lima Jam

KAPAL-KANDAS
EVAKUASI : Tim Basarnas Bali melakukan evakuasi ratusan penumpang kapal yang datang dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Peristiwa kapal kandas kembali terjadi. Kali ini KMP Swarna Cakra yang membawa 194 orang penumpang kandas di sekitar perairan Padangbae Bali setelah menempuh pelayaran dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat.  Titik kandas berada di arah timur dermaga Pelabuhan Padangbai, minggu (26/5).

Humas Basarnas Mataram, Agus, yang dikonfirmasi membenarkan kejadian kandasnya kapal KMP Swarna Cakra. “Infonya memang benar cuma yang menangani Basarnas Denpasar karena wilayah kerja kantor SAR Denpasar,” ujarnya.

Keterangan resmi yang diterima koran ini dari Basarnas Bali, diketahui KMP Swarna Cakra berangkat dari Pelabuhan Lembar Lombok pada minggu (26/5) pukul 00.15 Wita. Menurut jadwal, kapal berlabuh di dermaga Padangbai sekitar pukul 08.00 Wita. Namun sebelum memasuki pelabuhan, kapal terbawa arus kemudian kandas.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo,  saat memberikan keterangan mengatakan, seluruh penumpang dan ABK dalam keadaan selamat. “Proses evakuasi berlangsung sekitar 5 jam lebih, semua penumpang dan ABK berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.45 Wita. Selanjutnya kapal sudah bisa ditarik menuju dermaga,” imbuhnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dalam proses evakuasi penumpang. Di kesempatan lain Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, I. B Surya Wirawan menerangkan, dalam upaya evakuasi penumpang, Basarnas mengerahkan 2 buah Rigid Inflatable Boat (RIB) dibantu beberapa speed boat dan perahu nelayan. Saat ini seluruh penumpang sudah dikumpulkan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai.

Terpisah, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII BALI NTB Pelabuhan Lembar Nelson Dalo yang dikonfirmasi juga membenarkan kejadian ini. “Ia benar kejadiannya di Bali,” ujarnya.

Untuk perkembangan penumpang di Pelabuhan Lembar jelang mudik lebaran 2019, pada H-9 lebaran kondisi penumpang yang akan mudik masih normal dan lancar meskipun sudah ada peningkatan.”Arus mudik di pelabuhan masih normal dan lancar,” ungkapnya.

Pihak pengelola pelabuhan menyiapkan sekitar 39 unit kapal. Ada  16 kapal dengan format 6 jam per kapal dengan durasi sekitar 4,5 jam di tengah laut 1,5 bongkar muat. Untuk muat interval 1,5 jam.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid