Kanwil Kemenkumham NTB Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Warga Binaan Lapas Sumbawa Besar

Tim Kanwil Kemenkumham NTB melakukan pemantauan kegiatan pelaksanaan rehabilitasi sosial bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Sumbawa, pada Kamis (4/7). (IST FOR RADAR LOMBOK)

SUMBAWA–Tim Kanwil Kemenkumham NTB melakukan pemantauan kegiatan pelaksanaan rehabilitasi sosial bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Sumbawa, pada Kamis (4/7).

Tim yang dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabalitasi, Pengelolaan Barang Rampasan, Barang Sitaan dan Keamanan, L. Jumaidi, diterima oleh Kepala Lapas Sumbawa Besar, Purniawal.

Dalam kesempatan tersebut, L. Jumaidi memantau kegiatan rehabilitasi sosial bagi WBP yang dilaksanakan oleh Lapas Sumbawa Besar. Kegiatan rehabilitasi sosial tersebut bekerja sama dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang WBP Lapas Sumbawa Besar dengan materi vokasional kelas Bahasa Inggris dengan menghadirkan narasumber dari UTS, Yana Karisma. Menurut Yana Karisma, kegiatan ini bertujuan
agar para WBP pada saat kembali ke masyarakat, mempunyai soft skill yang baik terutama dengan penguasaan speaking.

Baca Juga :  Jaga Performa Kinerja, Kadivmin Kanwil Kemenkumham NTB Lakukan Anjangsana ke 4 Satker

“Suatu waktu, mungkin mereka bisa menjadi tour guide atau bekerja di tempat pariwisata, jadi mereka ada soft skill yang baik,” ucap Yana Karisma.

Sementara itu, L. Jumaidi mengungkapkan bahwa saat ini Sumbawa sudah menjadi destinasi wisata dan hal itu dapat menjadi bekal para WBP dengan kemampuan Bahasa Inggris.

“Sehingga bekal Bahasa Inggris, terutama speaking dari warga binaan kami sangat-sangat dibutuhkan. Terima kasih kepada UTS dan BRIN atas kerja sama yang dilakukan dan apresiasi untuk Kalapas yang telah melakukan kerja sama untuk memberikan edukasi dan pembekalan untuk para warga binaan,” ungkap L. Jumaidi.

Baca Juga :  Kanwil NTB dan DJKI Dorong Inventor Daftarkan Paten Lewat One Stop Service

Kakanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan, dalam kesempatan terpisah selalu berpesan kepada para WBP untuk terus memberikan perilaku terbaik selama ada dalam masa rehabilitasi.

“Banyak belajar dan manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Lembaga Pemasyarakatan sehingga bisa siap berkembang setelah keluar,” tutur Parlindungan sesuai dengan arahan Menkumham, Yasonna H. Laoly.

Turut hadir mendampingi L. Jumaidi dalam kegiatan ini, Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi Dan Kerjasama, Rachmad Mintarja dan Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan, Kesehatan dan Rehabilitasi, Muliawan beserta jajaran Divisi Pemasyarakatan. (M. Ilyas)

Komentar Anda