Kanwil Kemenag Kota Mataram Belum Terima Informasi Visa Haji.

MATARAM-Kantor Wilayah Kementrian Agama Kota Mataram masih menunggu informasi dari pemerintah pusat terkait ketersedian visa bagi para Jama'ah Calon Haji (JCH) Kota Mataram yang berjumlah sebanyak 578 orang.

Kanwil Kemenag Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah JCH kota Mataram yang visa hajinya sudah selesai, sebab sebagaimana tahun sebelumnya pemberian visa haji langsung diterima oleh JCH ketika sudah masuk diasrama haji bersamaan dengan paspor haji." Kita belum ada informasi berapa visa JCH yangg sudah maupun belum selesai." tegas Burhan kemarin.(28/7).

Namun pihaknya memastikan keterlambatan visa untuk musim haji tahun ini diperkirakan tidak akan terulang  lagi, lantaran untuk persiapan para JCH sudah dipersiapkan lebih awal terutama untuk persiapan paspor dan kebutuhan lainnya.

Soal visa haji yang memiliki kewenangan langsung dari pemerintah arab saudi, melalui pemerintah pusat pihaknya tetap akan melakukan kordinasi untuk memastikan ketersediaan visa haji JCH Kota Mataram." Kita kordinasi terus dengan Kementerian untuk visa haji," terangnya.

JCH Kota Mataram akan mulai diberangkatkan pada gelombong kedua pemberangkatan JCH Indonesia. Kloter utuh Kota Mataram masuk pada kloter 2 yang akan diberangkatkan pada tangggal 23 Agustus masuk asrama haji, dan pada tanggal 24 Agustus 2016 JCH Mataram kloter utuh  berangkat ke tanah suci.

Sedangkan untuk kloter selanjutnya JCH Kota Mataram tergabung dengan kloter dari daerah lain, karena JCH yang masuk dalam kloter 10 ini akan digabungkan dengan Kabupaten lain, sehingga jumlahnya menjadi 1 kloter utuh sebayak 325 JCH bersama pendamping." Kloter kedua JCH Kota Mataram masuk keloter gabungan kloter 10." paparnya.

BACA JUGA :  Bupati lepas 397 JCH Lobar

Kloter 10 ini dijadwalkan akan masul asrama pada tanggal 4 september 2016, dan akan diberangkatkan ke tanah suci tanggg 5 September 2016.

Saat ini oleh Kemenag sedang melakukan persiapan penyelesaian administrasi para JCH.khusus untuk  paspor haji semuanya  sudah selesai melakukan paspor, tingga menunggu pemberian visa yang nantinya akan diberikan diasrama haji." Visa haji dan paspor nanti akan diterima melekat, bukan diterima Kanwil." tegasnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan, juga sudah dilakukan dengan semua puskesmas yang ada dimasing-masing wilayah tempat tinggal, kalau pemeriksaan kesehatan dilakukan di masing-masing puskesmas.

" Persiapan kesehatan  fisik juga sudah dilaksanakan dimasing-masing kecamatan." paparnya.

Untuk koper jam'an dan buku manasiq juga sudah disiapkan, semuanya  sudah dibagikan kepada ketua jam'ah calon haji.

" Secara administrasi kemenag sudah siap untuk pemberangkatan JCH." tegasnya.

Hanya kepastian  visa haji ini saja yang belum diketahui kepastiannya apakah sudah selesai untuk JCH kota Mataram atau tidak,  karena ini dicetak di Arab Saudi.

" Visa urusan keduataan nanti kementrian agama yan stanbay diarab saudi utuk memastikan  penyelesaian  visa haji," terangnya.(ami)