Kantor Desa Kembang Kerang Terbakar, Diduga Ada Unsur Kesengajaan

Kantor Desa Kembang Kerang Terbakar
TERBAKAR: Kebakaran yang terjadi Kantor Desa Kembang Kerang, Kecamatan Aikmel, Rabu dini hari kemarin (7/2), tepatnya di ruang Kaur Desa, menyebabkan sejumlah dokumen dan arsip desa habis terbakar. (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG—Kantor Desa Kembang Kerang, Kecamatan Aikmel, Rabu dini hari kemarin (7/2), sekitar pukul 01.00 Wita, terbakar. Kebakaran tersebut terjadi, tepatnya diruang Kaur Desa, yang didalamnya tersimpan sejumlah dokumen, dan  arsip desa, beserta sejumlah fasilitas lainnya.

Kejadian menyebabkan semua berkas dan dokumen desa yang tersusun diatas lemari ludes dimakan api. Selain itu, satu unit televisi juga ikut terbakar. Beruntung warga setempat langsung datang melakukan pemadaman, sehingga api tidak sampai melalap seluruh bangunan  kantor desa itu. “Pertama kali diketahui sekitar pukul 01.00 Wita. Ketika kejadian tidak ada orang di dalam kantor,” tutur Saiful, salah satu Kaur Desa Kembang Kerang.

Diceritakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh salah seorang warga, yang ketika melihat kobaran api, dia mengira ada orang yang sedang membakar sampah. Namun setelah diperhatikan, ternyata api tersebut berasal dari salah satu ruangan di kantor desa tersebut.

Melihat itu, warga itupun langsung memberitaukan kepada warga sekitar untuk melakukan pemadaman.  “Dan api berhasil dipadamankan oleh warga. Tapi semua arsip yang ada didalam ruangan itu habis terbakar,” lanjut Saiful.

Meski belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun kebakaran itu sebutnya, sangat tidak mungkin kalau dipicu karena korstleting arus listrik. Karena didalam ruangan sama sekali tidak ada kabel listrik yang melintang, melainkan hanya kabel TV saja.

Sehingga muncul dugaan, kalau kebakaran ini disebabkan adanya unsur kesengajaan. Kemungkinan ada orang yang sengaja melempar api ke dalam ruangan itu melalui ventilasi udara. “Kalau karena arus pendek sangat tidak mungkin. Bisa jadi karena disengaja, tapi itu kan masih dugaan kita saja,” ujar Saiful.

Peristiwa kebakaran itu juga telah dilaporkan oleh pemerintah desa setempat   ke Polsek Aikmel. Selanjutnya petugas dari kepolisian pun langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kapolres Lotim melalui Kapolsek Aikmel, Iptu Totok Suharyanto, ketika dikonfirmasi membenarkan  terjadinya kebakaran Kantor Desa Kembang Kerang. Kejadian ini dilaporkan pagi hari, dan pihaknya telah turun ke lokasi untuk melakukan oleh TKP.

“Kejadian pertama kali diketahui oleh warga yang akan menutup pintu. Dikira ada orang yang bakar sampah. Ternyata kebakaran dari dalam ruang pelayanan. Yang  terbakar arsip desa,” tuturnya.

Untuk sementara ini pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab utama terjadinya kebakaran, karena masih dalam proses penyelidikan. Namun dugaan sementara kemungkinan karena arus pendek listrik. (lie)