KAHMI Dorong Peningkatan Kinerja Baznas Lobar

GIRI MENANG – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Lombok Barat mendorong peningkatan kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Barat dalam memetakan potensi zakat di daerah ini untuk disalurkan kepada para penerima yang berhak. Kemarin di Giri Menang, berlangsung Focus Group Discussion (FGD) pengelolaan zakat Lombok Barat. Banyak saran dan kritik yang dialamatkan kepada Baznas.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Diskusi dihadiri seluruh pengurus Baznas Lombok Barat, unsur DPRD, kepala desa, PNS, dan perwakilan mahasiswa. “ Lewat diskusi ini kita berharap kinerja Baznas semakin meningkat. Harus ada banyak terobosan, baik itu terobosan penarikan maupun penyaluran,” ungkap Fauzan saat membuka kegiatan.

Sebagai gambaran, potensi zakat Lombok Barat sekitar Rp 200 miliar per tahun. Saat ini yang berhasil dikumpulkan rata-rata Rp 4 miliar per tahun. Itupun bukan dana zakat, melainkan dana infaq yang ditarik dari PNS yang jumlahnya disesuaikan dengan golongan PNS. Anggota DPRD Lombok Barat dari PKS, H. Wahid Syahril dalam sesi diskusi menyampaikan, seharusnya Baznas bisa mengumpulkan lebih banyak lagi asalkan punya terobosan. Dan yang terpenting, dana dikelola secara transparan.” Semakin bagus pengelolaan, maka semakin banyak yang mau bayar zakat lewat Baznas,” ungkapnya.

Ketua Baznas Lombok Barat TGH. Mukhlis Ibrahim mengemukakan, seluruh masukan dan saran dari peserta rapat akan ditekniskan lagi dalam waktu dekat. “ Banyak masukan ini akan semakin membuat kami lebih bersemangat,” ungkapnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid