Kado HUT Lobar, Dua Rumah Sakit Naik Kelas

RUMAH SAKIT : RSUD Tripat naik kelas dari tipe C ke tipe B tahun ini. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Dua rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yakni Rumah Sakit Patut Patuh Patju (Tripat) dan Rumah Sakit Awet Muda Narmada naik kelas tahun ini. RSUD Tripat akan naik kelas dari tipe C ke tipe B. Sedangkan RS Awet Muda akan naik dari tipe D menjadi tipe C.

Dirut RSUD Tripat, H. Arbain Ishak, yang ditemui Kamis (7/4), yang ditemui sebelum dilantik menjadi Kadispora mengatakan, RSUD Tripat memang sudah selayaknya naik kelas dari C ke B. Pihak rumah sakit, kata dia, telah menambah sumber daya manusia (SDM) berupa dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit tersebut. Selain SDM, pihak rumah sakit sudah mengupayakan sarana-prasarana penunjang bagi dokter spesialis tersebut.

Pihak rumah sakit juga mendapatkan pendampingan dari lembaga PBB, Unicef, dan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dan dari hasil visitasi tim penilai RSUD Tripat telah memenuhi standar dan layak naik ke kelas tipe B. “Setelah kami mendapatkan hasil, tim visitasi menyatakan layak naik kelas ke B. SK Gubernur NTB sudah keluar 31 Maret lalu, tingga kita lanjutkan ke pusat untuk penetapannya,” jelas Arbain.

BACA JUGA :  Sumiatun Kantongi Diskresi Jadi Ketua Golkar Lagi

Pihaknya pun berupaya menyiapkan RSUD dari sisi SDM dan kelengkapan sarana prasarana. Dari sisi SDM, sudah ada di rumah sakit dan perlu ditambah. Termasuk soal kelengkapan dari sisi sarana-prasarana. “Yang masih kurang itu subspesialis. Sementara untuk tempat tidur sudah di atas 200 dan akan ditambah menjadi 247 bed saat lounching mendatang. Dan itu akan menjadi kado HUT Lobar,” jelasnya.

Dijelaskan lagi oleh Arbain, untuk SDM, sudah ada penambahan empat dokter spesialis di antaranya spesialis paru-paru, rekam medis, jiwa dan penyakit dalam. Namun pihaknya harus menyiapkan tempat cuci darah, di mana rencananya pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk memenuhi itu. Salah satunya dengan melakukan KSO dengan rekanan, karena di rumah sakit belum ada alat dan tempat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lobar, Arief Suryawirawan yang baru saja dilantik mengatakan bahwa selain RSUD Tripat, Rumah Sakit Awet Muda (RSAM) Narmada juga akan naik tipe dari tipe D ke tipe C. Terkait itu, pihaknya telah menyiapkan seluruh elemen yang dibutuhkan. “Yang sangat penting adalah kita akan perbaiki kualitas pelayanan terutama di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Karena di IGD merupakan kunci masuk pasien. Itu akan kita terapkan baik di rumah sakit maupun Puskesmas,” tegasnya.

BACA JUGA :  Politik Uang Warnai Pilkades Serentak di Lobar

Terkait dengan SDM, khususnya tim dokter yang berstatus PNS, Arief menegaskan bahwa itu merupakan harapan Pemkab Lobar, yakni dokter yang berstatus PNS. “Belum semua Puskesmas memiliki dokter berstatus PNS, baru 80 persen dokter yang PNS. Terutama dokter gigi yang masih sangat sulit kita cari,” katanya.

Terpisah, Dirut RS Awet Muda, dr. Aan Suryananta, mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya sudah siap naik kelas. Secara resmi status tipe dua rumah sakit ini akan diresmikan pada moment HUT Lobar 17 April mendatang.” Sudah siap, RS awet muda akan naik kelas, dari tipe D ke tipe B,” katanya. (ami)