Kades Sembalun Prioritaskan Pembangunan untuk Atasi Banjir

Kades Sembalun Prioritaskan Pembangunan untuk Atasi Banjir
BELUSUKAN: Kades Sembalun Bumbung, Sunari, usai dilantik langsung melakukan belusukan di wilayahnya, untuk mengetahui langsung kondisi yang terjadi di masyarakat. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG–Sejak hari pertama kerja, Sunari, Kepala Desa (Kades) Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), terus melakukan belusukan ke masyarakat.

Belusukan dilakukan, sekaligus meninjau lokasi drainase, serta saluran irigasi, yang menyebabkan potensi banjir di Dusun Bante. Selain itu, pihaknya juga melihat langsung bak penampuangan air bersih untuk masyarakat Desa Sembalun Bumbung.

“Drainase dan bak penampungan air bersih ini merupakan program prioritas dalam seratus hari kerja saya sebagai Kades, selain program unggulan lain tentunya,” jelas Sunari, Selasa kemarin (20/2).

Disampaikan, saluran air atau drainase yang ada di Dusun Bante memang sangat sempit, sehingga menyebabkan rumah warga bahkan sampai di jalan raya kalau pada musim hujan selalu tergenang. “Saya punya target, dalam seratus hari kerja harus ada perubahan di desa kami,” tekadnya.

Untuk itu lanjutnya, saat ini pihaknya sedang membuat bak penampungan air bersih di tiga titik, dan melebarkan saluran drainase sepanjang 160 meter di Dusun Bante dari jalan raya sampai di lahan pertanian warga.

“Drainase dan pembangunan bak penampungan air bersih di tiga titik ini kan bagian dari program unggulan, sekaligus untuk penanggulangan bencana alam. Sehingga masyatakat tidak khawatir lagi jika musim hujan datang, dan untuk pemerataan air bersih,” paparnya.

Pagi hari sebelumnya, sekitar pukul 09.00 Wita, bertempat di Aula Kantor Desa Sembalun Bumbung, juga telah dilaksanakan temu pisah, sekaligus serah terima jabatan (Sertijab) Kades Sembalun Bumbung, dari pejabat sebelumnya HM Supdi, kepada Kades Desa terpilih, Sunari. Sertijab juga dihadiri Camat Sembalun, Kapolsek Sembalun, Koramil Sembalun, Anggota BPD, Perangkat Desa, dan para tokoh masyarakat. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut