Kades Bukit Tinggi Dituntut 1,6 Tahun Penjara

TUNTUTAN : Terdakwa saat menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor Mataram, Kamis (4/12). (Dery Harjan/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Kasus dugaan pemotongan dana bantuan langsung tunai (BLT) di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunung Sari memasuki agenda pembacaan tuntutan.

Kepala Desa Bukit Tinggi, Ahmad Muttakin, selaku terdakwa dalam kasus ini dituntut 1 tahun 6 bulan penjara.

Selain itu ia juga dituntut membayar denda sebanyak Rp 50 juta subsidair 4 bulan kurungan.”Dalam hal ini terdakwa terbukti secara sah meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diancam dan diatur dalam pasal 11 Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi,” ungkap jaksa penuntut umum (JPU), Budi, dalam persidangan yang digelar Kamis (3/12) di Pengadilan Tipikor Mataram.

Perbuatan tersebut dilakukan terdakwa pada saat terjadinya wabah Covid-19. Warga mendapat  bantuan tunai langsung (BLT). Dari dana desa yang ada, Bukit Tinggi mengalokasikan sebesar Rp 352 juta lebih untuk dana BLT. Per KK menerima Rp 600 ribu.

Hanya saja pada saat pencairan dana, para penerima menyerahkan kembali uang sebesar Rp 150 ribu. Terdakwa meminta semua kepala dusun untuk mengumpulkan uang itu. Terdakwa Ahmad Muttakin melalui penasihat hukumnya, Irfan Suryadinata, mengatakan bahwa tuntutan jaksa terlalu berat.” Jika melihat fakta persidangan yang ada tuntutan ini terlalu berat,” ungkap Irfan. Irfan mengaku bahwa dalam kasus ini tidak ada pemotongan.  Sebab dana sudah diserahkan seluruhnya ke penerima bantuan.

Begitu dana sudah diterima baru kemudian penerima bantuan menyerahkan  Rp 150.000 kepada kepada terdakwa melalui kepada dusun masing-masing.

“Niatnya untuk menyumbangkannya kepada warga yang belum mendapatkan. Di sini tidak ada pemaksaan. Mereka ikhlas,” ungkap Irfan.

Adapun terkait dana yang terkumpul tidak diserahkan langsung itu karena masih dilakukan validasi data terkait mana yang lebih berhak mendapatkan.(der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaBKD NTB Janjikan SK P3K Dibagikan Januari 2021
Berita berikutnyaPaslon BARU Unggul di Semua Debat