Kabur dari Rumah Sakit, Pasien Covid Meninggal

Raden Nurjati (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Seorang pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Mataram, memaksa pulang ke rumahnya di Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang.

Belakangan diketahui, warga tersebut meninggal dan tidak mau dimakamkan sesuai protap covid-19. “Kami tekankan kepada warga agar tetap disiplin terhadap covid-19. Kami tidak ingin seperti kasus di Kecamatan Pemenang, yang dirawat di Kota Mataram lalu kabur dari rumah sakit kemudian membaur dengan kelurga dan masyarakat setempat. Dan sekarang warga yang dinyatakan positif sudah meninggal dunia yang dimakamkan hari ini (2/3), tapi tidak mau secara protap covid-19,” ungkap Penjabat Sekda KLU Raden Nurjati, Selasa (2/3).

Diungkapkan, pemerintah daerah sudah mengerahkan petugas kesehatan dan aparat keamanan. Namun pihak keluarga ngotot tidak berkenan dilakukan pemakaman secara protap covid-19. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan mengajak tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, namun tetap tak berkenan dilakukan pemakaman sesuai protap.

Perkembangan covid-19 di KLU hingga saat ini tersisa 24 kasus positif. Angka ini naik-turun. Untuk itu, diharapkan kesadaran masyarakat agar tetap disiplin menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. “Mari kesadaran masyarakat sendiri peduli akan kesehatan, pemerintah berbuat untuk keselamatan warga,” imbuhnya.

Pemerintah daerah tetap melakukan razia ke jalan-jalan, sekolah, pasar, perkantoran, dan tempat keramaian lainnya. Karena itu, pihaknya berharap pemerintah di tingkat kecamatan hingga dusun agar saling memberikan imbauan untuk menjaga kesehatan. “Banyak kegiatan masyarakat yang mengabaikan protap covid-19, pemerintah tidak melarang berkegiatan tapi penuhi protap,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan KLU I Ketut Jaya menyampaikan, pihaknya akan melakukan penelusuran kontak atas kejadian ini. “Kami akan turunkan petugas untuk melakukan pencegahan di lingkungan setempat,” katanya. (flo)