Jurus Jitu Erick Tohir Sukses Tingkatkan 788 UMKM Binaan Rumah BUMN Lotim

UMKM LOTIM: Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga berkunjung ke Rumah BUMN Lotim, dialog dengan para pelaku UMKM Lotim. (ist/radarlombok)

SELONG–Menteri BUMN Erick Thohir terus memberikan solusi dalam mendukung kemajuan UMKM Kabupaten Lombok Timur melalui berbagai program pemberdayaan UMKM di kementerian yang dipimpinnya. Mulai dari bantuan permodalan, peningkatan kemampuan usaha hingga ke pendampingan produksi lewat Rumah BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga ke Rumah BUMN Lombok Timur, Sabtu (19/3), menyampaikan hal tersebut saat bertemu dengan mitra UMKM Rumah BUMN Lombok Timur yang dikelola PT Pertamina (Persero).

“Rumah BUMN adalah salah satu solusi Menteri BUMN Erick Thohir untuk membantu meningkatkan UMKM lokal di Kabupaten Lombok Timur,” sebut Arya Sinulingga, dalam keteranganbpers yang diterima Radar Lombok, Sabtu (19/3).

“Oleh Bapak Erick Thohir, para BUMN wajib membeli produk yang dihasilkan UMKM. Bapak Ibu UMKM di Lombok Timur juga harus bisa naik level dengan Go Digital melalui PaDi UMKM,” ajak Staf Khusus Erick Thohir tersebut.

BACA JUGA :  Sinergi BUMN, ASABRI Serahkan Bantuan Rp 2,3 Miliar

“Kementerian BUMN juga sedang mempersiapkan official store Rumah BUMN di e-commerce Bukalapak, Tokopedia, jadi Bapak Ibu bisa mendaftarkan produknya dan jualan online disana. Pelatihan-pelatihan online dan offline juga kami hadirkan disini disponsori oleh sinergi beberapa BUMN,” lanjut Arya Sinulingga.

“Lombok amat sangat beruntung dan dapat segera bangkit dengan adanya 2 event dunia: MotoGP dan WSBK disini. Bapak Ibu pelaku UMKM harus berlari cepat untuk mempersiapkan diri dan memanfaatkan momentum ini menjadi titik kebangkitan,” jelas Arya Sinulingga pada 15 perwakilan UMKM di Rumah BUMN Lombok Timur.

KRIBROW atau Kripik Brownis UMKM asli Lombok Timur yang produknya telah listing di _modern retail_ di provinsi NTB dan Bali karena berhasil bersaing dalam segi rasa dan kemasan.

BACA JUGA :  BUMN Salurkan Rp 11,3 Miliar Dana Sosial di NTB

Bergabung dengan Rumah BUMN Lombok Timur sejak 2017, Kribrow juga membantu meningkatkan ekosistem bisnis disekitar Lombok Timur sehingga terus lahir banyak produk baru dan UMKM-UMKM lainnya.

Wana, pemilik Kribrow, mengutarakan apresiasinya pada Rumah BUMN karena telah memberikan banyak akses, pemasaran dan juga pelatihan yang mendukung usahanya hingga saat ini.

“Terima kasih banyak Pak Erick Thohir, saya berharap bersama Rumah BUMN ke depannya Kribrow dan UMKM di Lombok Timur bisa _scale-up_ dengan cepat terlebih ditahun ini banyak event di Lombok,” harap Wana.

Hingga saat ini, tercatat Rumah BUMN Lombok Timur berhasil mengelola 788 UKM yang bergerak di bidang makanan, tata busana dan kerajinan tangan. 69% UMKM diantaranya sudah naik kelas dari Go Digital ke Go Online yang berarti UMKM tersebut telah listing di marketplace. (gt)