Juara Dunia Lari 100 Meter Putra, Zohri Banggakan Indonesia

Lalu Muhammad Zohri
JUARA DUNIA: Ateltik muda asal NTB Lalu Muhammad Zohri bersama sprinter asal Amerika Serikat Antohny Schwartz dan Eric Harrison. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Membanggakan dan luar biasa!. Itulah pujian yang patut disematkan untuk Lalu Muhammad Zohri. Atletik muda asal Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB, ini berhasil meraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu (12/7).

Tak ayal, sprinter andalan NTB ini menjadi buah bibir dunia olahraga lari internasional. Zohri sukses mengukir sejarah memecah rekor di Asia Tenggara di nomor 100 meter putra. Zohri berhasil menuntaskan tugasnya dalam kecepatan 10.18 detik. Disusul sprinter Antohny Schwartz dan Eric Harrison asal Amerika Serikar dengan catatan prestasi 10.22 detik. “Sangat sangat bangga terhadap apa yang saya dapatkan hari ini. Ini luar biasa,” kata Zohri usai berlaga seperti dikutip situs resmi Federasi Atletik Dunia IAAF.

Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia tak punya catatan menelurkan atlet andal di nomor ini. Tak mengherankan jika keberhasilan Zohri merebut emas lari 100 meter dianggap mengejutkan. Apalagi dengan mengalahkan atlet muda AS. “Merasa bangga, bangga sekali karena saya bisa membuat sejarah di sini. Saya akan terus berlatih dan akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan,” kata Zohri ketika ditanya soal rencana kedepannya.

Catatan prestasi yang dibukukan Zohri saat ini kian dekat dengan rekor manusia tercepat Asia Tenggara yang disandang Suryo Agung Wibowo dengan prestasi 10.17 detik pada Sea Games 2007 silam. Tak hanya itu, barisan catatan prestasi Zohri juga patut diacungi jempol. Sebelumnya, dia mempersembahkan dua medali emas di nomor 100 dan 200 meter putra pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Semarang 2017. Pada prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON)  di Surabaya 24-26 November 2016, Zohri juga berhasil mempersembahkan medali emas. Tahun 2016 silam, Zohri juga mempersembahkan medali perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dengan catatan waktu terbaik 10.88 detik.

1
2
3
4
5
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut