Joda Akbar Targetkan Koalisi Besar

Konsolidasi Gerindra untuk pemenangan Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridawan. (IST FOR RADAR LOMBOK)
Konsolidasi Gerindra untuk pemenangan Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridawan. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridwan (Joda Akbar) sudah mengantongi dukungan PKS, PKB, dan Gerindra di Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU) 2020. Selain itu PDIP juga dipastikan mendukung Joda Akbar, kendatipun belum mengeluarkan SK dukungan. Ketiga partai mengemas 12 kursi di DPRD setempat: PKS 1 kursi, PKB 3 kursi, Gerindra 5 kursi, dan PDIP 3 kursi. Artinya sudah melebihi syarat minimal 6 kursi untuk bisa mendaftar di KPU, September nanti.

Kendati demikian, Joda Akbar belum mau deklarasi secara resmi bersama para parpol pengusung. Mereka masih menunggu kepastian dukungan Golkar dan NasDem. “Deklarasi kita gelar setelah ada kepastian dukungan Golkar dan NasDem,” kata Ketua DPC Gerindra Sudirsah Sujanto, Selasa (28/7) kemarin.

Diungkapkan, pihaknya saat ini sedang intens melakukan lobi ke elite Golkar dan NasDem. Dan Joda Akbar cukup optimistis mendapatkan dukungan. Mengingat dari komunikasi politik yang ada, ditemukan banyak kesepahaman terkait kepentingan di Pilkada KLU. Golkar sendiri mengemas 4 kursi dan NasDem 2 kursi. Dengan demikian total kursi dukungan dari keenam partai yakni 18 dari 30 kursi di DPRD setempat. “Target kita membangun koalisi besar,” tandas Anggota DPRD NTB dapil Lobar-KLU tersebut.

Untuk SK dukungan PDIP kata Sudirsah sudah final ke Joda Akbar dan akan diserahkan dalam waktu dekat. “Pak Djohan dan Danny saat ini sedang di DPP PDIP. Mereka diundang terkait rencana penerbitan SK dukungan Pilkada KLU,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Desk Pilkada DPD PDIP NTB Raden Nuna Abriadi membenarkan bahwa DPP memangil bapaslon kada yang berpeluang diusung di lima pilkada kabupaten/kota yang belum diterbitkan SK dukungan.

Pilkada KLU, DPP PDIP mengundang Joda Akbar, Pilkada Loteng mengundang Dwi Sugiyanto-Lalu Normal Suzana, Pilkada Sumbawa mengundang Mahmud Abdullah-Dewi Noviany, Pilkada Dompu mengundang Ruslan-Nasaruddin, dan Pilkada Bima mengundang Irfan-Herman Edison. Adapun di Pilkada Kota Mataram sudah diserahkan SK dukungan kepada Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan dan Pilkada Sumbawa Barat kepada W. Musyafirin-Fud Syaifudin. (yan)